Towards World Class University, IAIN Surakarta Rintis Kerjasama Dengan The University Of Auckland

SINAR- Kehadiran delegasi IAIN Surakarta diterima dengan hangat oleh Representatives from The Faculty of Education, The University of Auckland, The 20th QS World Ranking, pada Selasa (05/12) di Ruang Pertemuan A.201a, Block A, Faculty of Education and Social Work, Gate 3, 74 Epsom Avenue, Epsom, dengan agenda: “Discussion about cooperations between the two institutions” untuk mengeksplorasi peluang kerjasama antara kedua lembaga dalam hal kuliah umum, penelitian kolaboratif, kunjungan dosen dan mahasiswa.

Dr. Marek Tesar, Associate Dean International (Strategic Engagement), mengawali diskusi dengan menyampaikan berbagai program internasional yang berpeluang untuk dilakukan kerjasama dengan IAIN Surakarta, diantara: professional development for staff members and students, International prospectus 2018. Ms Samantha Cruttenden, International Manager, memberikan gambaran mengenai peluang kerjasama yang berkaitan dengan program-program bagi mahasiswa. Mahasiswa IAIN Surakarta dapat mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan, The University of Auckland selama 1-2 semester, misalnya untuk mempelajari bahasa Inggris dan budaya. Ms Maxine Ma, International Office Manager, memberikan gambaran tentang detail peluang kerjasama dalam research collaborations dan the capacity building. “We are just really excited to learn more about your university and about potential areas of our collaboration, and how we can contribute perhaps to the capacity building of your university….” Dr. Marek Tesar mempersilahkan kepada delegasi IAIN Surakarta untuk urun rembug.

Delegasi dari IAIN Surakarta menyambut baik kesempatan yang diberikan Dr. Marek Tesar tersebut dengan menyampaikan berbagai topik diskusi yang riil dan relevan di tahun 2018. Dr. Aris Widodo, Kepala ISIO, menyampaikan profil IAIN Surakarta, dukungan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, budaya, dan peluang bidang kerjasama dengan The University of Auckland. Dr. Muhammad Munadi, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan, melontarkan topik diskusi tentang peluang kerjasama pada area non-Islamic Studies, SDM non-dosen, termasuk peluang percepatan professor. Dr. Syamsul Bakri, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, melontarkan topik diskusi tentang peluang kerjasama penelitian dan program mahasiswa dalam area Islamic studies. Dra. Hj. Arina Hasbana, MM, Kabag Perencanaan dan Keuangan, plt. Kabiro, & Tato Priyo Sulistiyono, MM, Kasubbag Perencanaan, fokus pada topik budgeting, kemungkinan biaya yang akan timbul, harus direncanakan besar dan sumber dananya. Muslimah Susilayati, M.Pd, Divisi Partnership, fokus pada diskusi tentang kemungkinan, efektifitas, dan efisiensi kerjasama The Capacity Building Toward World Class University untuk dapat dilaksanakan di IAIN Surakarta.

Diskusi tersebut menghasilkan kesepakatan untuk menindaklanjuti rintisan kerjasama antara IAIN Surakarta dengan The Faculty of Education, The University of Auckland yang didokumentasikan dengan penandatangan Minute of Meeting (MOM). Pada waktu dekat, akan dilakukan komunikasi intensif dengan Ms Maxine Ma, International Office Manager, untuk menindaklanjuti kesepakatan rintisan kerjasama tersebut. Melalui rintisan kerjasama yang terjalin, diharapkan dapat meningkatkan mutu akademik IAIN Surakarta menuju World Class University. (Gie/Humas Publikasi) #Bangga IAIN Surakarta. 

Sumber: Muslimah Susilayati
Foto: Muslimah Susilayati