Bg

Ijtihad PBA Dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Bahasa Arab di IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 11 Januari 2018

SINAR- Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah salah satu jurusan yang terakreditasi A dari beberapa jurusan yang meraih hasil yang sama di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Tidak cukup sampai disitu, perjuangan PBA dalam mencetak kualitas mahasiswanya terus berlanjut. Misi membumikan Bahasa Arab bukan hanya pada lingkungan sekitar tetapi juga ditujukan pada jiwa mahasiswanya agar kecintaan akan Bahasa Arab benar-benar mendarah daging. Untuk itulah menjadikan Bahasa Arab sebagai bagian pendidikan yang menarik dan menyenangkan menjadi target ke depan. Tidak dipungkiri selama ini masih banyak mahasiswa yang mengeluh akan kesulitan yang didapat ketika mempelajari Bahasa Arab.

Demi membebaskan kesulitan tersebut, PBA mengadakan pembelajaran Bahasa Arab intensif untuk mahasiswa semester awal yang dilaksanakan selama masa libur, yaitu mulai pada tanggal 3 Januari hingga tanggal 27 Januari 2018. Selama itu mahasiswa PBA semester awal bermukim di beberapa pondok pesantren sekitar kampus IAIN Surakarta, seperti Pondok Darussalam, Pondok Al-Fattah, dan Pondok Al-Musyadad Klaten, pondok tersebut adalah pondok asuhan dosen di IAIN Surakarta.

Dalam kegiatan ini terdapat dua macam pembelajaran, yaitu pembelajaran dasar (mubtadi’in) dan pembelajaran tahap lanjutan (mutaqoddimin), pada tahap pembelajaran dasar mahasiswa dikenalkan tentang banyak mufrodhat dasar bahasa arab seperti: nama anggota tubuh dalam bahasa arab, kegiatan sehari-hari, dan hal-hal yang dapat dilihat oleh panca indra, selain itu juga diajarkan akan angka, dan kalimat sederhana, dalam pembelajaran ini tutor penggunakan kitab Durusullughoh terbitan Trimurti. Sedangkan pada tahap pembelajaran lanjutan mahasiswa diajarkan akan banyak hal dalam kaidah bahasa arab, seperti: Ilmu Nahwu dan Shorof, Ta’bir Syafahi, Imla’, dan ilmu-ilmu yang lain nya akan kaidah bahasa arab, dalam tahap ini tutor menggunakan buku Al’arobiyyah An-nasyi’in dan beberapa kitab penunjang lain nya. Dalam kegiatan pondok intensif ini, para dosen mengamanahkan beberapa mahasiswa semester delapan dan semester enam untuk menjadi tutor selama masa pembelajaran.

Dari kegiatan ini diharapkan akan kemajuan prodi PBA dan dapat melahirkan generasi penerus yang dapat mendedikasikan dirinya kepada agama, kampus tercinta, dan negara khususnya dalam bidang pendidikan Bahasa Arab. Upaya ini akan terus berlanjut pada mahasiswa semester awal prodi PBA sebagai bukti Ijtihad PBA. (Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.