Bg

Ketua LPM Beberkan Rahasia Sukses 8 Prodi IAIN Surakarta Raih Nilai A

Diterbitkan tanggal 11 Januari 2018

SINAR– IAIN Surakarta semakin menunjukkan kualitas dan mutu dalam menyelenggarakan pendidikan. Tak lama setelah mendapat penghargaan sebagai PTKIN dengan pendaftar terbanyak ke 2 nasional (kategori Institut), kali ini dibuktikan dengan hasil akreditasi Program Studi (Prodi). Secara mengejutkan, delapan (8) Prodi IAIN Surakarta sukses raih nilai akreditasi A. Jumlah ini merupakan terbanyak diantara Prodi IAIN-STAIN se-Indonesia.

8 Prodi tersebut yakni 4 Prodi dari FITK (Prodi Pendidikan Agama Islam, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris), 2 Prodi dari FUD (Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Aqidah dan Filsafat Islam) dan 1 Prodi dari Fasya (Prodi Hukum Ekonomi Islam) serta 1 Prodi lagi berasal dari FEBI (Prodi Managemen Bisnis Syariah).

Wakil Rektor I Dr. H. Abdul Matin bin Salman, Lc. M.Ag. menyambut gembira hasil ini. Ia mengatakan bahwa hasil ini adalah atas kerja bersama semua pihak mulai dari bawah hingga pimpinan. “Kerja keras bersama dari hulu ke hilir. Modal baik di awal tahun”, terangnya saat ditemui di ruang kerjanya yang berada di lantai I Rektorat. Ia menambahkan bahwa capaian penilaian akreditasi ini merupakan salah satu modal utama menuju UIN Surakarta dari segi mutu akademik.

Walaupun ini capaian yang membanggakan, Dr. Abdul Matin mengharap semua pihak agar tidak lantas berpuas diri. Hal ini karena AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi) A apabila akreditasi Prodi A mencapai 40%. Agar impian tersebut segera terealisasi, ia akan berusaha mendorong semaksimal mungkin. “Target tahun 2018 ini 5 atau 6 Prodi mendapat nilai akreditasi A”, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Dr. Muh. Nashiruddun, S.Ag., M.A., M.Ag. mengatakan bahwa capaian ini merupakan jawaban atas janji LPM dalam meningkatkan mutu IAIN Surakarta. “Ini adalah janji dalam meningkatkan pelayanan mahasiswa. Termasuk pelayanan akademik”, demikian penjelasan dosen yang akrab disapa Dr. Nashir ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Nashir juga menginformasikan bahwa tahun 2018 ini akan banyak Prodi yang akan diakreditasi lewat SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) sehingga ia menghimbau agar Prodi yang akan diakreditasi mempersipakannya mulai dari sekarang.

Tak ketinggalan ia juga membeberkan rahasia sukses mengawal 8 Prodi ini hingga meraih nilai A, “Komitmen Pimpinan, tim solid, kerja keras, mengikuti panduan pengisian borang”, tulisnya melalui pesan WhatsApp saat tim humas menghubunginya.

Sementara itu, salah satu Prodi yang mendapatkan nilai A Aqidah Filsafat Islam angkat bicara. Melalui Ketua Jurusannya Dra. Hj. Siti Nurlaili Muhadiyatiningsih, M.Hum., ia membocorkan kunci suksesnya. “Solidnya tim akreditasi dalam menyusun borang”, terangnya. Ia juga mengakui bahwa persiapan telah ia lakukan sekitar sepuluh bulan sebelumnya agar borang sesuai dengan yang ditentukan oleh BAN-PT. Tak hanya itu, mejalin hubungan berskala nasional maupun internsional, menyiapkan profil lulusan yang jelas, rasio jumplah dosen harus idel, mendatangkan ahli rutin, dosen mempunyai karya ilmiah dan memiliki dosen senior merupakan hal penting hingga sukses meraih nilai akreditasi A. (Win / Humas Publikasi). #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.