Perempuan Juga Bisa Lakukan Perubahan Nyata, WR III Lantik Pengurus DEMA dan SEMA Tahun 2018

SINAR-  Bertempat di Gedung Graha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Surakarta melantik Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) periode 2018-2019, Rabu (24/1).

“Pertama dalam sejarah IAIN Surakarta DEMA Tahun ini dipimpin oleh perempuan, selain itu hampir 50% pengurusnya juga perempuan” ungkap WR III Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag. Beliau juga menyampaikan pada pengurus DEMA maupun SEMA perempuan juga bisa melakukan perubahan yang nyata dan kedepan beliau berharap agar DEMA maupun SEMA terus bersinergi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun dengan eksternal kampus, karena sukses bukan hanya dalam kegiatan namun juga harus ada impact bagi kehidupan sosial. Di akhir kata Syamsul mengutip kata “al-Muhafadhotu ‘ala qadimi al-Shalih wa al-Akhdzu bi al-Jadid al-Ashlah” (menjaga tradisi-tradisi lama sembari menyesuaikan dengan tradisi-tradisi modern yang lebih baik).

Ketua Umum terpilih DEMA Sari Asih Guritno yang menggantikan posisi Huda Rahman Hakim sebagai Ketua DEMA IAIN Surakarta, dengan lantang meneriakkan “kita harus lebih mementingkan kepentingan mahasiswa daripada kepentingan prbadi”.  Tahun ini Sari mengusung tema Bergerak Bersama Menuju Legislatif dan Eksekutif IAIN Surakarta yang Berintegritas. Ia memimpin Kabinet Persatuan dengan 71 personil yang terbagi 8 departemen.

  1. Departemen Wawasan dan keilmuan,
  2. Departemen Pengembangan sumber daya mahasiswa
  3. Departemen Politik, hukum dan ham
  4. Departemen Advokasi dan jaringan
  5. Departemen Sosial dan pemberdayaan perempuan
  6. Departemen Komunikasi dan informasi
  7. Departemen Pengembangan organisasi kemahasiswaan
  8. Departemen Seni,dakwah dan budaya

Sementara itu Ketua Umum SEMA, Aditya Pratama menggantikan Azis Afifuddin berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi mahasiswa IAIN Surakarta. Yang baik akan kita teruskan dan kita pertahankan sedangkan yang kurang baik kita rubah menjadi baik ungkapnya dalam orasi perdananya dengan penuh semangat. Aditya memimpin 17 anggota yang terbagi dalam komisi legislatif, advokasi/aspirasi dan pengawasan. (Zat/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta