Bg

Semangat Mutu, Refreshment Auditor Audit Mutu Internal IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 28 Februari 2018

SINAR- Selasa (27/2) Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Surakarta adakan Refreshment Auditor Audit Mutu Internal berbasis ISO 9001:2015 di Hotel Lor In Syari’ah Solo. Acara yang menghadirkan narasumber yang telah tersertifikasi ISO tersebut diikuti 37 peserta baik dari internal kampus maupun eksternal kampus seperti IAIN Ambon, IAIN Ponorogo dan juga Stikes Cendekia Utama Kudus.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari ini terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah penyampaian materi tentang ISO, kemudian dilanjutkan dengan praktik audit dan keesokan harinya, dilanjutkan dengan simulasi audit mutu internal berbasis ISO 9001:2015.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Abdul Matin bin Salman, Lc., M. Ag menyampaikan pentingnya audit mutu internal. Pasalnya, perkembangan zaman menuntut adanya evaluasi diri sebagai wujud adanya kesadaran bersama mengenai peningkatan mutu, “seperti pepatah yang mengatakan bahwa ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. Audit mutu ini adalah pengejawantahan dari bentuk pengamalan ilmu yang telah didapat oleh segenap pihak di dalam kampus” jelas beliau.

Hal senada disampaikan oleh Ketua LPM IAIN Surakarta Dr. H. Muhammad Nashiruddin, M.A, M. Ag., bahwa audit mutu internal adalah satu bentuk apresiasi kampus terhadap dosen, ketinggian ilmu yang dimiliki para dosen bila tidak dibarengi dengan adanya sistem yang bermutu hanya akan menjadi mubadzir karena seakan akan seperti nikmat yang disia-siakan.

Sementara itu Dr. Suliswiyadi, M. Ag selaku narasumber pada kesempatan kali ini juga menyampaikan pentingnya pemahaman tentang ISO sebagai acuan mutu institut. “tidak hanya bagi lembaga, tetapi pemahaman tentang ISO juga akan memberikan skill khusus bagi para peserta untuk menjadi auditor penjaminan mutu yang bisa juga dijadikan sebagai profesi” jelasnya. Beliau juga menyampaikan “ada banyak bentuk standar ISO, namun yang cocok dengan bidang pendidikan dan pengajaran khususnya di tahap perguruan tinggi adalah ISO 9001:2015.

Dengan adanya acara ini, diharapkanm mutu kampus bisa semakin meningkat, cita-cita untuk menjadi Universitas unggulan pun juga menjadi semakin realistis. Karena semua sarana dan prasarana, tenaga pengajar dan seluruh komponen pendukung institut telah memadai. (Zat/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Fuad. M.Z
Dok: Nasyath

Komentar ditutup.