Bg

SIKD Berbasis Aplikasi, IAIN Surakarta Adakan Pelatihan Bersama ANRI

Diterbitkan tanggal 14 Mei 2018

SINAR- IAIN Surakarta terus melakukan inovasi-inovasi dalam rangka menyongsong era industri 4.0. Dengan menggandeng Lembaga Negara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), IAIN Surakarta bekali para staf untuk mengikuti pelatihan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada Senin, (14/5) di Ruang Sidang Utama Rektorat Lantai 1.

Acara yang berlangsung satu hari penuh tersebut diisi dengan penyampaian materi oleh Kepala Subdirektorat Pusat III, Dra. Sulistyowati, M.M. Beliau menyampaikan materi mengenai pentiungnya pengelolaan arsip dan pengantar tentang SIKD, kemudian dilanjutkan praktek pengoprasian SIKD yang dibimbing langsung oleh Instruktur Jaringan Informasi Kearasipan Nasional ANRI Tasdik Eko Pramono, S.Kom., MT.

Dalam acara yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perncanaan dan Keuangan Dr. H. Muhammad Munadi, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan IAIN Surakarta merupakan Institut pertama yang menerima hibah aplikasi kearsipan dari ANRI. Aplikasi ini dalam kerangka memperbaiki tata kearsipan dengan aplikasi ini diharapkan dapat menyempurnakan tata kelola kearsipan di IAIN Surakarta agar lebih modern dan lebih dinamis”, ujarnya.

Selain itu beliau juga mengutip kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) bahwa indikator keberhasilan sebuah pemerintahan dinilai dari tata kelola kearsipan, pemerintahan sebuah institusi akan berjalan dengan baik apabila tata kearsipan dilakukan dengan baik. Terakhir beliau memberikan pesan agar arsip jangan hanya dimiliki person atau bagian tertentu saja namun harus dimiliki lembaga, selain itu arsip harus publish di web jangan hanya di gudang. Maanfaatkan pelatihan ini dengan baik karena ini akan menjadi sia-sia kalau tidak dapat dimaanfaatkan dengan baik, tutupnya. (Zat/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Dok: Nugroho

Komentar ditutup.