Bg

IAIN Surakarta Bagikan 300 Beasiswa Secara Serentak

Diterbitkan tanggal 13 September 2018

SINAR- IAIN Surakarta membagikan dana bantuan pendidikan kepada mahasiswa penerima beasiswa yang bersumber dari Dipa dan Baznas, Kamis (13/9). Sebanyak 300-an mahasiswa hadir dalam acara yang berlokasi di aula gedung rektorat lantai 3. Beasiswa tersebut memuat tiga komponen yaitu, uang saku, SPP/Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta uang pembinaan.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan H. Pudji Rahardjo Rudi Hartono, AKS. dalam arahannya mengatakan, terdapat enam jenis beasiswa, 3 beasiswa dari Dipa dan 3 beasiswa dari Baznas yang keseluruhannya dibagikan secara bersamaan. Beasiswa Baznas meliputi beasiswa cendekia Baznas untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT), Uang saku beasiswa BCB untuk 6 mahasiswa, bantuan SPP/UKT dari Baznas untuk 11 mahasiswa. Sedangkan beasiswa Dipa diantaranya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) untuk 204 mahasiswa, beasiswa Tahfidz Qur’an untuk 29 mahasiswa, dan beasiswa Kajian Keislaman untuk 47 mahasiswa. Selain itu Rudi juga berpesan agar penerima beasiswa menggunakan uang beasiswa dengan baik, gunakan uang itu untuk menunjang prestasi akademik maupun non akademik, ucapnya.

Syarat penerima beasiswa Baznas diantaranya yaitu, Mahasiswa  S-1 reguler Perguruan Tinggi yang telah berakreditasi minimal B dan nilai IPK minimal 3,00 dengan masa kuliah minimal semester 4, serta masuk dalam kategori mahasiswa yang membutuhkan bantuan ekonomi. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM mustahik pada level perguruan tinggi. Adapun sasaran beasiswa ini secara umum diprioritaskan kepada ashnaf fakir, miskin atau fi sabilillah.

Mahasiswa yang telah lolos seleksi akan mendapatkan uang beasiswa paling tinggi Rp. 4.000.000,- untuk Uang Kuliah tunggal (UKT), kemudian Rp. 400.000,- untuk kebutuhan bulanan yang dapat dicairkan sekali dalam satu semester.

Robiah AL adawiyah mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang menjadi salah satu penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) mengaku telah menerima beasiswa sebesar Rp. 2.000.000,-. Beasiswa tersebut nantinnya akan digunakan untuk menunjang kegiatan belajar termasuk kebutuhan dalam membeli buku dan perawatan alat belajar seperti laptop. Beasiswa ini sangat membantu mahasiswa dalam keberlangungan kegiatan belajar, terlebih bagi mahasiswa yang masuk dalam kategori kurang mampu, menjadi sangat terbantu, imbuhnya. (Zat-MgFar/Humas Publikasi#BanggaIAINSurakarta #suksesAPT-A #diesnatalisiainska26

Komentar ditutup.