Bg

Sosialisasi Visi dan Misi Prodi Psikologi Islam

Diterbitkan tanggal 17 September 2018

SINAR- Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta pada hari Senin (17/09) mengadakan Workshop Visi dan Misi Prodi Baru sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu FGD Penyusunan Visi Misi Kurikulum & Silabi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah pada tanggal 13-15 Agustus 2018 di Hotel Syariah Surakarta.

.

Kegiatan yang diselenggarakan selama satu hari ini bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Lt.IV IAIN Surakarta, Kampus Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Kegiatan workshop ini ditujukan untuk melakukan sosialisasi dan memperoleh masukan Visi Misi Psikologi Islam IAIN Surakarta dihadiri oleh para stakeholder dari berbagai latar belakang lembaga. Sebanyak 60 peserta yang diundang dan berkesempatan hadir di antaranya adalah perwakilan dari Dosen Psikologi Islam IAIN Surakarta, Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Surakarta, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Surakarta, Praktisi Psikolog, Rumah Sakit UNS, Perguruan Tinggi di Surakarta, Sekolah, Pondok Pesantren, Komite Wali Mahasiswa, Organisasi Keagamaan, dan perwakilan mahasiswa Psikologi Islam.
Sambutan disampaikan oleh Drs. H. Ahmad Hudaya, M.Ag., sekaligus membuka workshop. Dalam sambutannya, Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin dan Dakwah tersebut menyampaikan pesan dari Dekan FUD tentang pentingnya distingsi psikologi dengan program studi lain di IAIN Surakarta yang memiliki kemiripan dari sisi keilmuan. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara inti Sosialisasi dan Masukan Visi Misi Prodi Psikologi Islam. Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Erika Setyanti Kusumaputri. S.Psi.,M.Si dan dimoderatori oleh Ketua Jurusan Psikologi Islam Dr. Moh. Abdul Khaliq Hasan, MA., M.Ed. Dalam sharing-nya, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta banyak berdiskusi tentang pentingnya peran pemimpin perguruan tinggi dalam proses penyusunan visi misi program studi sehingga visi misi prodi dapat selaras dengan visi misi institut. Pemimpin perguruan tinggi harus mau turun ke prodi demikian juga pengelola program studi harus selalu berkoordinasi dengan pimpinan perguruan tinggi.
Narasumber yang juga pengelola program studi psikologi menyampaikan bahwa Program Studi Psikologi Islam memiliki peluang yang besar dalam mengembangkan keilmuan psikologi. Program Studi Psikologi Islam berada di bawah Fakultas Ushuluddin yang memiliki konsentrasi pada studi-studi Keislaman (Islamic Studies) sehingga lulusannya memiliki kesempatan yang besar untuk melanjutkan studi strata dua (S2) khususnya pada Program Magister Sains Psikologi (S2 Sains). Saat ini lulusan Program Studi Psikologi Islam masih harus berproses untuk dapat melanjutkan di jenjang S2 Profesi, namun demikian menjadi peluang besar untuk dapat fokus menjadi seorang akademisi melalui studi lanjut S2 Psikologi. Kompetensi dan profil lulusan Program Studi Psikologi Islam yang telah disusun bersumber dari Profil dan Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi PTKIN telah sesuai dengan kompetensi lulusan yang disyaratkan oleh Kolokium Psikologi dan Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) sehingga Prodi Psikologi Islam IAIN Surakarta harus turut aktif dalam kegiatan-kegiatan asosiasi-asosiasi psikologi. Prodi Psikologi Islam juga harus berpegang pada Kode Etik Psikologi sehingga dapat memperjelas distingsi dengan keilmuan yang lain. (Gie/ Humas Publikasi) #banggaiainsurakarta #suksesAPT-A #diesnatalisiainska26

Sumber: Wakhid

Satu tanggapan untuk “Sosialisasi Visi dan Misi Prodi Psikologi Islam”

  1. […] Sosialisasi Visi dan Misi Prodi Psikologi Islam […]