Bg

Tingkatkan Kajian Sains Al-Qur’an, HMJ IAT Gelar Seminar Nasional

Diterbitkan tanggal 16 Oktober 2018

SINAR- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) IAIN Surakarta mengadakan seminar nasional dengan tema “Menyingkap Tabir Kemukjizatan Al-Qur’an Terhadap Semesta (Kajian Sains Al Qur’an)” pada Selasa (16/10). Tak kurang dari 300 peserta hadir dalam acara yang diadakan di Gedung Graha IAIN Surakarta  tersebut. Mereka datang dari kampus-kampus di soloraya seperti Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Pada Seminar nasional kali ini menghadirkan dua narasumber hebat dengan latar belakang yang saling berbeda. Prof. Dr. Ahsin Sakho Muhammad, M.A, seorang pakar bidang Qiraat dan ilmu-ilmu Al-Qur’an yang merupakan lulusan Madinah University. Lalu, Sukarmin, S.Pd, M.Si, Ph. D, seorang fisikawan dan dosen UNS yang merupakan lulusan doctoral Malaysia. Keduanya menjelaskan bagaimana ahli tafsir mensikapi ayat-ayat Al-Qur’an dan bagaimana seorang fisikawan memandang ayat-ayat Al-Qur’an.

Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc. M. Ag, Wakil Rektor Bidang I Akademik dan Pengembangan Lembaga, dalam sambutannya berpesan bahwa mahasiswa IAIN Surakarta harus benar-benar paham Bahasa Arab dan Bahasa Al-Qur’an, kedua bahasa tersebut tentulah berbeda, bahasa Al-Qur’an mempunyai maksud tersendiri.

Potensi ilmiah yang ada dalam Al-Qur’an itu luar biasa. Dalam konteks pemikiran Islam, khususnya bagaimana kaum muslim memahami Al-Qur’an, hampir tidak ada penolakan sama sekali bahwa di dalam Al-Qur’an banyak sekali kemukjizatan-kemukjizatan yang terkait dengan sains.

Dengan adanya seminar ini, diharapkan para peserta seminar dapat mengambil hikmah yang menjadikan motivasi yang menambah kecintaan dan keimanan kepada al-quran. (MgAly/Zat-Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Komentar ditutup.