Komunitas Diskusi Gender (Jejer Samawa) – Perempuan hars Mampu Berperan dalam Era Industri 4.0

SINAR- Selasa (16/10), Merupakan komunitas diskusi tentang perempuan dan gender bernama “Jejer Samawa”, menghadirkan narasumber  Dr. Hj Woro Retnaningsih, M. Pd (Dosen IAIN Surakarta) dan dimoderatori oleh Inayatur Rosyidah (Mahasiswa IAIN Surakarta & Aktivis Perempuan) dengan tema diskusi “Misrepresentative Perempuan di Era Industri 4.0″.

Diskusi diselenggarakan di café GLM (Gedung Layanan Masyarakat) IAIN Surakarta. Komunitas yang belum lama berdiri ini telah diikuti oleh mahasiswa IAIN Surakarta yang mempunyai kegelisahan akan kurangnya keterlibatan perempuan di berbagai bidang. Diskusi ini diadakan untuk meningkatkan semangat generasi milenial khususnya kaum wanita untuk mengkaji mengenai perempuan dan gender di era digitalisasi saat ini.

Dalam diskusi, narasumber menyampaikan bahwa di era industri 4.0 segala aktivitas dapat di akses serba cepat, serba instan dan akan digerakkan sistem, hampir semua tatanan kehidupan berbasis teknologi, sehingga kita tidak dapat lepas dengan dunia digital. Dalam hal ini, kita sebagai perempuan harus mempunyai keseimbangan dan mengambil peranan dalam mengendalikan kondisi tersebut. Apalagi di era 4.0 ini perempuan masih sangat rendah berperan di sektor industri padahal lulusan (Science, Technology, Engeneering and Matemtik/STEM) lumayan banyak akan  tetapi yang mengisi bidang tersebut masih sangat sedikit.

Peserta diskusi cukup antusias dengan adanya disukusi tentang perempuan karena di sinilah perempuan sudah saatnya untuk merespon persoalan-persoalan yang ada di hadapan kita dan sekitar kita. Akhir diskusi pemateri berpesan bahwa seorang perempuan itu harus mampu menghadapi era ini dengan membawa perubahan dan kebermanfaatan. Pula sebagai perempuan jangan sampai mengabaikannya begitu saja, di era industri inilah perempuan harus terlibat dan berperan. Perempuan yang berkualitas dan berkapasitas hendaknya mampu menempatkan perannya dengan sebaik-baiknya, baik di dalam sektor publik termasuk di era industri 4.0 maupun di sektor domestik karena penentu kemajuan dan peradaban ke depan adalah kita sebagai perempuan”, ucap Inayatur Rosyidah dalam end note-nya. (Gie/Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Sumber: Jejer samawa