Bg

PEMBERDAYAAN ALUMNI UNTUK PENGEMBANGAN PERGURUAN TINGGI

Diterbitkan tanggal 2 November 2018

Oleh: Dr. H.Muhammad Munadi, M.Pd

(Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan)

Hari Kamis tanggal 1 November 2018 IAIN Surakarta menyelenggarakan Job Fair dengan menghadirkan para alumni yang telah sukses pada bidang pekerjaannya. Kegiatan ini mengingatkan pada sebuah pernyataan dari Jim Mullally (2016) We can do it if they [our alumni] help us. Once we get it going, then it can snowball. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa alumni sangat berperan  dalam  membantu pengembangan lembaga perguruan tinggi. Sekali terlaksana maka akan menjadi bola salju yang semakin besar. Pengembangannya bisa meliputi inspirator dan role model, mentor karir, memberikan keahlian, peluang untuk mengakses pengembangan professional, meningkatkan upaya perekrutan siswa, meningkatkan upaya dalam mengumpulkan dana serta mendukung reputasi lembaga. Gambarannya dapat digambarkan sebagai berikut:

Tabel 1. Ruang Lingkup Peran Alumni Lembaga Pendidikan
No
Ruang Lingkup
Deskripsi
1.
Inspirator dan role model
Alumni berbagai pengalaman dalam manajemen waktu, manajmenen keuangan, manajemen pengembangan diri dan karakter. Dengan begitu mahasiswa/siswa dapat terbantu dalam memperkuat kepercayaan diri, meningkatkan motivasi dan menanamkan budaya yang benar selama kuliah dan ketika sudah lulus.
2.
Mentor karir
Alumni bisa menjadi sumber rujukan bagi siswa/mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan dalam memperoleh pekerjaan di bidang yang dipilih.
3.
Memberikan keahlian
Para alumni dapat berkontribusi dengan memberikan keahlian mereka dalam pekerjaan mereka dalam mengembangkan program studi baru di universitas. Bisa juga alumni dapat berkontribusi sebagai dosen tamu, penasihat dalam komite, pakar industri, dan mitra kerja sama dalam proyek dengan universitas.
4.
Peluang untuk mengakses pengembangan professional
Komunitas alumni senior yang sukses dapat menjadi media yang paling efektif tidak hanya untuk lulusan universitas tetapi juga dengan alumni yang lebih muda. Ketika komunitas alumni sukses dan memperoleh pengakuan dari dunia usaha, industri dan masyarakat luas, itu berpotensi menciptakan jaringan yang lebih kuat serta kepercayaan di universitas dan pada gilirannya, akan membantu alumni muda dari universitas untuk mengakses peluang dalam meningkatkan karir dan profesionalisme mereka.
5.
Meningkatkan upaya perekrutan siswa
Alumni dapat mendorong siswa Sekolah Menengah terutama keluarga dan teman-teman mereka untuk mempertimbangkan memasuki universitasnya. Para alumni juga dapat menunjukkan siswa tentang cara bergabung dengan bidang kerja setelah menyelesaikan studi mereka. Pengalaman di universitas dan keberhasilan alumni dalam pekerjaan mereka dapat menjadi faktor penting bagi siswa dalam memilih universitas.
6.
Meningkatkan upaya dalam mengumpulkan dana
Alumni secara individual atau himpunan alumni terutama yang sudah senior dan memiliki ekonomi yang stabil bisa  mengurangi beban keuangan siswa/mahasiswa kurang mampu di universitas. Alumni atau himpunan alumni dapat mendorong pengumpulan dana yang besar untuk pemberian beasiswa, mendukung kegiatan siswa, program budaya, membantu dalam pembangunan infrastruktur universitas.
7.
Mendukung reputasi lembaga
Alumni yang telah berhasil di berbagai sector pekerjaan, baik local, nasional maupun internasional, telah mengesahkan kualitas dan efektivitas program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebuah perguruan tinggi. Semakin berpengaruh posisi alumni dalam pekerjaan mereka, semakin tinggi pengakuan masyarakat terhadap  universitas.

(Sumber dengan modifikasi dari Noraisyah Md Idris, dan Asmah Hj Ahmad (2015)

Ketujuh ruang lingkup peran alumni dalam pengembangan perguruan tinggi hanya satu yang berkaitan dengan penambahan keuangan. Enam yang lainnya berkait dengan pengembnagan sisiwa melalui kurikulum – baik intra, ko dan ekstrakurikuler. Namun kesemuanya searah dengan ketentuan dari BAN PT. Ketentuan yang berkaitan langsung dengan alumni terdapat pada Standar 3 BAN PT dengan ruang lingkup ketersediaan himpunan alumni, pengelolaan lulusan dan alumni (mencakup layanan alumni, peran dalam asosiasi profesi atau bidang ilmu, dukungan timbal balik alumni) serta partisipasi lulusan dan alumni dalam mendukung pengembangan akademik dan non-akademik program studi termasuk sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas. Pelibatan alumni berdampak secara langsung maupun tidak langsung dalam pencapaian maksimal akreditasi. Hal ini seperti yang dinyatakan Wijaya (Suara Merdeka, 2015) berikut, “Tak hanya untuk masyarakat yang telah bersedia menerima alumni berkiprah di tengah mereka, tetapi pencapaian positif mereka dibutuhkan juga untuk memperkuat akreditasi institusi dan program studi.”

Peran alumni pada Lembaga Pendidikan memiliki beberapa level. Kantor Urusan Alumni  Universitas Cyprus (Alumni Relations Office – University Of Cyprus, 2012:7) membuat gambaran menarik tentang tingkat partisipasi alumni sebagai berikut:

Gambar 1. Piramida Tingkat Partisipasi Alumni di Lembaga Pendidikan

Piramida di atas dapat dikategorikan tingkat partisipasi alumni sebagai berikut:
Tabel 2. Tingkat Partisipasi Alumni
No Tingkat Kegiatan Bentuk Partisipasi Prosentase
1. Anggota Aktif Cultivation Alumni memberikan dana, kesukarelaan

6 %

 

2. Anggota Yang Merespon Communication Alumni merespon survey, mengunjungi website, datang ke kegiatan perguruan tinggi 12 %
3. Pasif

82 %

Tabel di atas menunjukkan bahwa alumni yang memiliki posisi sebagai anggota aktif tidak terlalu banyak hanya 6%. Namun walaupun kecil di Amerika Serikat alumni yang mendonasikan dananya ke perguruan tinggi sebagai berikut:

Tabel 3. Prosentasi Sumbangan Alumni pada Perguruan Tinggi di Amerika Serikat

School name (state) Two-year average percentage of alumni who donated U.S. News rank and category
Princeton University (NJ) 60.8% 1, National Universities
Thomas Aquinas College (CA) 56.7% 58 (tie), National Liberal Arts Colleges
Bowdoin College (ME) 54.5% 3 (tie), National Liberal Arts Colleges
Williams College (MA) 53.6% 1, National Liberal Arts Colleges
Claflin University (SC) 50.4% 173-229, National Liberal Arts Colleges
Wellesley College (MA) 49% 3 (tie), National Liberal Arts Colleges
Carleton College (MN) 48.5% 8 (tie), National Liberal Arts Colleges
Washington and Lee University (VA) 47.5% 10 (tie), National Liberal Arts Colleges
Davidson College (NC) 47.1% 10 (tie), National Liberal Arts Colleges
Amherst College (MA) 46.9% 2, National Liberal Arts Colleges

Sumber: (Kelly Mae Ross, (2018)

Prosentase sumbangan alumni di atas bisa menambah dana abadi yang dimiliki oleh perguruan tinggi. Jason Wolbrom (2016:2 dan 16) menyatakan bahwa universitas bisa menggunakan uang milik sekolah dari sumbangan dari mahasiswa ditambah donasi alumni untuk membentuk dana abadi investasi. Hal ini juga ditegaskan NMSU (2012) bahwa hadiah dana abadi (endowment) dari alumni memungkinkan NMSU untuk menawarkan beasiswa kepada mahasiswa, membayar guru besar luar biasa, membeli peralatan, meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan. Penggalangan dana dari siswa dan alumni menjadikan dana abadi yang dimilki perguruan tinggi Amerika Serikat sangat besar. Besarnnya dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 4. Besaran Dana Abadi Pada Perguruan Tinggi Amerika Serikat

School name (state) End of fiscal year 2017 endowment U.S. News rank
Harvard University (MA) $37,096,474,000 2
Yale University (CT) $27,216,639,000 3 (tie)
Stanford University (CA) $24,784,943,000 7
Princeton University (NJ) $23,353,200,000 1
Massachusetts Institute of Technology $14,832,483,000 3 (tie)
University of Pennsylvania $12,213,207,000 8 (tie)
Texas A&M University—College Station $10,808,501,077 66 (tie)
University of Michigan—Ann Arbor $10,777,563,000 27 (tie)
Columbia University (NY) $9,996,596,000 3 (tie)

University of Notre Dame (IN)

$9,684,936,000 18

Sumber: (Farran Powell, 2018)

Namun demikian sebenarnya yang diperlukan lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi tidak hanya kepentingan dana ketika melibatkan alumninya. Akan tetapi lebih besar dari itu. Karena sebenarnya hubungan alumni merupakan bagian yang paling penting dari kegiatan untuk memajukan lembaga. Hal ini dikarenakan ada banyak alasan:

1.        Alumni adalah pendukung paling setia institusi.

2.        Alumni memiliki prospek penggalangan dana.

3.        Alumni menghasilkan pemasaran dari mulut ke mulut yang tak ternilai di antara jaringan sosial dan profesional mereka.

4.        Dengan melibatkan alumni, institusi dapat terus memanfaatkan keterampilan dan pengalaman mereka.

5.        Alumni adalah figur teladan yang hebat bagi mahasiswa saat ini dan sering ditempatkan dengan baik untuk menawarkan dukungan praktis kepada mahasiswa saat mereka memulai karir mereka.

6.        Alumni sering berada dalam posisi untuk melibatkan keahlian institusi dalam kehidupan profesional mereka.

7.        Alumni adalah duta internasional Lembaga pendidikan. Mereka mengambil pengetahuan mereka tentang institusi kepada asal mereka tinggal dan ke dalam jaringan profesional dan sosial mereka.

8.        Memberikan dukungan keuangan hanyalah salah satu cara bagi alumni untuk terlibat dengan lembaga pendidikan. Keterlibatan dapat dilakukan pada berbagai level dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Contohnya termasuk:

a.       Menyumbang secara teratur melalui dana tahunan,

b.      Mensponsori penelitian, dan proyek lainnya,

9.        Komisi konsultasi dari akademisi,

10.    Meninggalkan warisan – keuangan maupun melalui warisan pribadi, misalnya, seni, properti,

11.    Berpartisipasi dalam penggalangan dana sesama alumni,

12.    Mempermudah perkenalan untuk menciptakan kemitraan baru untuk universitas dengan lapangan kerja, pemerintah, dan afiliasi organisasi lainnya,

13.    Memberikan saran dan bimbingan ahli untuk kepemimpinan universitas,

14.    Menyediakan materi studi kasus, kuliah tamu, peralatan atau yang serupa untuk meningkatkan pembelajaran/pendidikan,

15.    Mendukung perekrutan mahasiswa dalam maupun luar negeri,

16.    Memberikan saran karir, mentoring, penempatan, magang untuk mahasiswa,

17.    Bertindak sebagai role model yang positif bagi mahasiswa,

18.    Berbagi bakat dan minat untuk meningkatkan kehidupan budaya kampus melalui pertunjukan, pameran, maupun yang lainnya,

19.    Berkontribusi pada profil publik local, nasional maupun internasional yang positif dari universitas dan

20.    Berkontribusi ke profil online yang positif dari universitas. (Case, 2018)

Semangat dari pendapat tersebut menunjukkan bahwa hubungan alumni yang baik dengan perguruan tinggi bisa menguntungkan kedua belah pihak baik alumni maupun lembaga. Jika perguruan tinggi mendukung alumni dalam kehidupan profesional dan pribadi mereka melalui kegiatan seperti fasilitasi jaringan sosial dan professional maka memungkinkan menjadikannya lebih peduli terhadap perguruan tinggi. Dukungan perguruan tinggi juga dapat membantu alumni mencapai posisi sukses dan berpengaruh di tempat kerjanya, yang pada gilirannya akan menguntungkan perguruan tinggi secara langsung maupun tidak. Maka disinilah diperlukan  adanya hubungan atau keterlibatan alumni yang yang integrative dengan semua kegiatan lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi. Wallahu a’lam.

Rujukan

Alumni Relations Office – University Of Cyprus.  (2012). Alumni Relations Offices: Role, Tools And Strategies Alumni Relations Office― Promotion And Development Section ― University Of Cyprus. http://www.unica-network.eu/sites/default/files/Alumni%20Relations%20Office%20Presentation%202012.pdf

Case. (2018). Fundraising Fundamentals, Section 1.2 The Role and Importance of Alumni Relations. https://www.case.org/Publications_and_Products/Fundraising_Fundamentals_Intro/Fundraising_Fundamentals_section_1/Fundraising_Fundamentals_section_12.html

Farran Powel. (2018). 10 Universities With the Biggest Endowments. https://www.usnews.com/education/best-colleges/the-short-list-college/articles/10-universities-with-the-biggest-endowments

Jason Wolbrom. (2016). The Relation Between University Endowment Fund Size and University Reputational Rankings. https://www.albany.edu/honorscollege/files/Wolbrom_Honors_Thesis.pdf

Jim Mullally (2016). Power of Alumni in the Education System: Fourth Ambit. https://fourthambit.com/fa/blogs/102012

Kelly Mae Ross. (2018). 10 Universities Where the Most Alumni Donate. https://www.usnews.com/education/best-colleges/the-short-list-college/articles/universities-where-the-most-alumni-donate

Noraisyah Md Idris, and Asmah Hj Ahmad. (2015). Role Of Alumni In University Development. http://uniselalumni.wixsite.com/uniselalumniconnect/single-post/2015/10/15/ROLE-OF-ALUMNI-IN-UNIVERSITY-DEVELOPMENT

NMSU. (2012). President’s Success Goal 6 – Alumni and Friends. http://provost.nmsu.edu/plan/wp-content/uploads/sites/13/2012/07/Alumni-and-Friends.pdf

Fundraising Fundamentals, Section 1.2 The Role and Importance of Alumni Relations. https://www.case.org/Publications_and_Products/Fundraising_Fundamentals_Intro/Fundraising_Fundamentals_section_1/Fundraising_Fundamentals_section_12.html

Suara Merdeka. (2015). Peran Lulusan Perkuat Akreditasi. Harian Umum Suara Merdeka 08 Desember 2015.

Komentar ditutup.