Bg

Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang IAIN Surakarta Selenggarakan Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Diterbitkan tanggal 6 November 2018

SINAR- (06/11) Pada hari ini Racana IAIN Surakarta menyelenggarakan Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar yang diikuti oleh 170 peserta (28 putra/142 putri). Dengan mengusung tema “Bersama Pembina Pramuka Sebagai Pelopor Pemersatu NKRI”, harapannya peserta KMD Tahun 2018 ini mampu mengimplementasikan secara nyata akan jiwa-jiwa pembina pramuka yang menjadi perekat NKRI. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari panitia KMD Racana IAIN Surakarta dan Kwarcab Sukoharjo yang mana terdiri dari Pelatih Pusdiklatcab Sukoharjo.

“Kegiatan yang terselenggarakan 3 hari tidak bermalam dan 3 hari bermalam ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembina pramuka di masing-masing gugusdepan, menanbah keterampilan para pembina pramuka, meningkatkan pemahaman materi kepramukaan, dan meningkatkan mutu dalam pengelolaan kepramukaan di masing-masing gugusdepan.” Penjelasan dari kak Suharyanto selalu Ka Pusdiklatcab Sukoharjo dalam memberikan sambutannya ketika Upacara Pembukaan Kegiatan KMD Racana IAIN Surakarta. Selama 3 hari kegiatan materi ruang akan diselenggarakan di Kampus 2 IAIN Surakarta sedangkan 3 hari terakhir akan diselenggarakan di Kampus 1 IAIN Surakarta.

Peserta datang, kemudian mereka melaksanakan daftar ulang, kemudian memasuki Auditorium guna mendapat beberapa pengarahan dan Pretest Online yang bertujuan mengenali pemahaman peserta KMD dalam hal materi Kepramukaanya. Setelahnya, peserta memasuki ruang kelas untuk memperoleh materi dari kakak-kakak Pelatih, lalu Upacara Pembukaan Kegiatan yang dihadiri oleh jajaran Kwarcab Sukoharjo dan turut hadir kak Hery Setiyatna dan kak Riptono selaku Pembina Pramuka IAIN Surakarta.

Dalam melaksanakan kegiatan ini peserta menerima metode seksmental yang mana peserta berperan aktif dalam melawati proses demi proses dalam kegiatan ini. Dalam kiasan kata peserta memposisikan diri sebagai gelas yang terisi setengah, jadi setiap peserta mampu belajar berbagi pengalaman dan menerima pembelajaran sehingga harapannya dapat memetik ilmu terbaik dalam kegiatan ini guna membina tunas-tunas bangsa untuk membentuk karakter cerdas. (Gie/Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #suksesAPT-A

Sumber: Ayu Dhuhry Racana

Komentar ditutup.