Bg

IAIN Surakarta Jadi Inisiator Terbentuknya Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi di Lingkungan PTKN

Diterbitkan tanggal 9 November 2018

SINAR-  Sesuai dengan Amanah UU Nomer 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan, maka sebuah perguruan tinggi negeri wajib membentuk lembaga kearsipan perguruan tinggi (LKPT). Dengan dasar tersebut Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menginisiasi terbentuknya LKPT dengan mengundang seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dilingkungan Kementerian Agama untuk bersama-sama merintis LKPT melalui Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung pada 8-10 November 2018 di Hotel Solo View, Surakarta.

Tak kurang dari 40 perwakilan dari PTKN turut serta dalam FGD tersebut, ada dari Sekolah Tinggi Agama Katholik (STAKAT) Negeri, dari IAIN Samarinda, IAIN Bengkulu, UIN Walisongo dll, ujar Ketua Panitia Kusuma Wijayanto, S.E.,M.M. dalam laporannya. Selain itu beliau juga menyampaikan, diadakannya FGD ini adalah mendorong seluruh PTKN membentuk dan memiliki LKPT seperti yang telah diamanahkan dalam undang-undang, untuk PTN dibawah Kemenristekdiki memang sudah ada beberapa yang telah memiliki LKPT namun untuk PTKN dibawah Kemenag belum ada. Dengan adanya FGD ini diharapkan dapat memunculkan rekomendasi bagi Kemenag yang terkait dengan LKPT, sambungnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perncanaan dan Keuangan Dr. H. Muhammad Munadi, S.Pd., M.Pd. dalam arahannya mengatakan FGD ini mendorong munculnya arsiparis PTKN dengan mendorong JFU menjadi JFT arsiparis, mengingat pentingnya arsiparis terutama apabila ada pemeriksaan maupun akreditasi, yang menjadikan PTN menjadi baik penentunya adalah dari arsip, karena arsip lah yang menjadi saksi maupun bukti suatu peristiwa, ujar beliau. Kemudian Munadi juga berharap agar FGD ini dapat memunculkan suatu deklarasi yang menjadi rekomendasi bagi kemenag. Terakhir beliau berharap agar acara semacam ini dapat dilaksanakan setiap tahun, selain dapat memperkuat hubungan antar PTKN acara ini juga sebagai recharge ilmu yang terkait dengan kearsipan. (Zat/ Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #suksesAPT-A

Komentar ditutup.