IAIN Surakarta Gelar Seminar Nasional Bela Negara

SINAR­- Jumat (23/11), Dalam rangka menanamkan sikap, tekad, dan juga perilaku warga negara yang cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (DEMA FUD) bekerjasama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Kabinet Persatuan IAIN Surakarta menggelar Seminar Nasional yang bertajuk “Rejuvinasi Konsep Bela Negara di Era Milenial” di Aula Gedung eks Pascasarjana Lantai 4.

Acara yang dihadiri oleh ratusan peserta ini juga sekaligus menjadi grand opening Pelatihan Bela Negara yang berlangsung tiga hari kedepan (23-25 November). Dalam seminar ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Latif Ainul Yaqin, SE MM (Kepala KEMENHAN Perwakilan Jateng), Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd (Guru Besar Universitas Sebelas Maret), dan Dr. Zainul Abas, S.Ag., M.Ag.(Dosen Pascasarjana IAIN Surakarta dan Ketua FKUB Kab. Sukoharjo)

Rasuli ketua DEMA FUD menyampaikan “bahwasannya tujuan diadakannya kegiatan ini agar mahasiswa dapat memahami, menjalankan dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila dan UUD 1945. Selain itu seminar ini membentuk mahasiswa yang tidak hanya pintar dalam hal intelektual, kuat dalam keagamaan, namun dapat membentuk mahasiswa yang cinta tanah air serta mau memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala bentuk penjajahan. tegasnya”.

Sementara itu Latif Ainul Yaqin, SE MM dalam paparannya menyampaikan nilai-nilai dasar dalam bela Negara meliputi: cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan Negara, serta memiliki kemampuan bela Negara. Bela Negara bukan hanya milik Indonesia tapi bela Negara milik global”, tegas Latif. (Zat/Humas dan Publikasi)#banggaIAINSurakarta #suksesAPT-A

Sumber: Rosa dan Mey