Bg

Diskusi Sejarah SPI Hadirkan Komunitas Peduli Sejarah Solo

Diterbitkan tanggal 27 November 2018

SINAR- Selasa, (27/11) Dalam rangka memperkenalkan kekayaan sejarah yang ada dalam masyarakat, Jurusan sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Surakarta menggelar diskusi bulanan di yang bertajuk Lectures Series “ Islamic History on Civility”. Acara ini menghadirkan sebuah komunitas sejarah yang ada di Solo yang bernama Komunitas Sejarah Muara. Komunitas yang banyak diisi anak-anak muda dari Solo ini banyak bergerak dalam penyelamatan arsip yang ada di masyarakat, dengan cara mengoleksi arsip dan benda-benda bersejarah yang diselamatkan dari tumpukan rongsokan.

Hadir dalam acara ini Ketua Komunitas Muara, Taufik Muara Effendi didampingi oleh Timor yang merupakan wakilnya dari komunitas tersebut. Dalam paparannya, Komunitas Muara menceritakan bahwa banyak barang-barang sejarah yang sering kali sangat berguna sebagai bukti tulisan sejarah namun hanya menjadi loakan di pasar, ungkapnya. Selain itu, Ia juga mengatakan pada awalnya dulu kita punya hobi yang sama dengan koleksi barang-barang lama, akhirnya kita daripada ilmunya menguap bikin komunitas saja,” ujar nya. Jadi kalau ada yang nyari atau mengakses sejarah atau informsi lama-lama kalau kita ada ya kita bantu,” katanya

Tercatat banyak data sejarah yang meliputi arsip kertas, koran, catatan penting pemerintah, buku harian, sampai catatan keraton. Komunitas ini juga banyak mengoleksi barang sejarah yang meliputi barang peninggalan perang zaman Kolonial, zaman Jepang bahkan banyak koleksi pada masa bergerak.

Dosen SPI, Latif Kusairi, M.A dalam pernyataannya menyatakan bahwa. mahasiswa harus dikenalkan dengan sumber-sumber sejarah seperti ini, dan harapannya kegiatan seperti ini terus berlanjut. Untuk mencari Ilmu kita tidak harus mengadakan acara yang wah, bersifat ceremony yang pakem, bisa juga diskusi santai semacam ini yang penting substansi dari aplikasi keilmuan tersampaikan tuturnya.

Diakhir acara ditutup dengan penyerahan cenderamata yang diberikan Dosen SPI Martina Safitry, M.A kepada ketua Komunitas Muara, Taufik Muara Effendi, selain juga terjadi kesepakatan antar Civitas SPI IAIN Surakarta dengan Komunitas Muara untuk saling bersinergi dalam pengelolaan arsip dalam pembelajaran sejarah. (Zat/ Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #suksesAPT-A

Komentar ditutup.