Bg

Bekerjasama Dengan Darul Afkar Institute, HMJ Tasawuf dan Psikoterapi Suguhkan Psikoterapi Islami Metode Sufi Healing

Diterbitkan tanggal 6 Maret 2019

SINAR- Sore ini Rabu (06/03) tepatnya pada jam 16. 30 WIB telah dilaksanakan acara psikoterapi islami dengan metode sufi healing di Masjid Imam Bukhori IAIN Surakarta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswa dan Kerjasama Dr. KH. Syamsul Bakri, S. Ag., M. Ag., yang juga selaku pengasuh PP Darul Afkar Institute Klaten. psikoterapi islami sendiri merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta bekerjasama dengan Crew of Sufi Healing Pondok Pesantren Darul Afkar Institute Klaten. Kegiatan ini merupakan serangkaian pengobatan islami dengan menggunakan metode terapi Sufi Healing. Psikoterapi Islami sendiri sebenarnya ialah penyembuhan penyakit melalui terapi psikis (olah jiwa) yang didasarkan pada nilai-nilai agama, tujuannya ingin membangkitkan kekuatan batin (jiwa) pasien untuk meneguhkan semangat dalam menjalani dan menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidup.

Psikoterapi islami bukanlah terapi semacam ruqyah, sebagaimana yang dipersepsikan kebanyakan orang saat ini. Ruqyah atau rukyah adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu (bisa ayat al-qur’an) pada orang yang sakit akibat terkena sihir, kerasukan serta gangguan jin. Ruqyah sering diidentikkan dengan adanya jin, menangis berlebihan, serta jeritan. Sedang psikoterapi sebagaimana telah dijelaskan di atas, ranahnya adalah mengacu pada psikologi. Tidak harus orang yang terkena gangguan jin, orang yang keseharian hidupnya tidak sehat misal seperti pikirannya yang sering suudzan, mengeluh, tertekan, tempramen juga dapat ditangani (diterapi). Mahasiswa yang banyak tertekan sebab tugas kuliah, dosen, hubungan asmara, bertikai dengan teman juga dapat diterapi dengan metode Sufi Healing. Sebab sebagaiman tujuannya terapi ini adalah mengatasi penyakit psikis, gangguan spiritual, kecanduan narkoba dan rokok, serta meningkatkan Spiritual Quotient (SQ), Emosional Quotient (EQ) dan Intelegensi Quotient (IQ).

Dalam upaya mewujudkan upaya tersebut peserta diarahkan untuk mengikuti intruksi terapis dan merasakan setiap energi dan perasaan yang dirasakan. Sehingga dapat merasakan hasil yang optimal seperti yang diharapkan. Selama kurang lebih 30 menit terapi dilaksanakan. Dan didapati peserta merasakan manfaatnya. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya sejumlah peserta yang terjatuh dan menangis bahkan ada yang tersedu-sedu, dan lain sebagainya. Untuk mendapat manfaat yang lebih diadakanlah sesi sharing dan tanya jawab. Dimana ada tiga orang mahasiswa yang berpartisipasi. Dari situ didapati bahwa tekanan psikis dapat mempengaruhi psikis dan juga sebaliknya. Harapannya dengan adanya kegiatan ini psikoterapi islami dapat menjadi salah satu solusi akurat untuk mengatasi masalah-masalah manusia modern di zaman milenial ini. (Zat/Humas dan Publikasi). #BanggaIAINSurakarta.

Sumber: Ahmad Syaifuddin

Satu tanggapan untuk “Bekerjasama Dengan Darul Afkar Institute, HMJ Tasawuf dan Psikoterapi Suguhkan Psikoterapi Islami Metode Sufi Healing”