Bg

Tumbuhkan Minat Menulis, IAIN Surakarta Gelar Pelatihan Kepenulisan

Diterbitkan tanggal 13 Maret 2019

SINAR – Selasa (12/3) Dalam rangka meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap dunia literasi dan kepenulisan, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Surakarta menggelar acara Pelatihan Kepenulisan bertajuk “Jelajahi Dunia dengan Tinta” di Aula Fakultas Adab dan Bahasa (FAB), lantai 4. Acara yang digagas oleh Ikatan Alumni Pendidikan Agama Islam (IKAPI), HMJ PAI dan Forum Silaturahim Tarbiyah (FOSTABA) IAIN Surakarta ini menghadirkan tiga narasumber alumni PAI IAIN Surakarta, yakni: Boy Rohmanto, S.Pd.I; Muhammad Thoriq Fauzan, M.Pd; dan Fantika Febry Puspitasari, M.Pd. Pelatihan ini mendapat sambutan yang besar dari para mahasiswa, terbukti dengan jumlah peserta yang membludak, melebihi kuota yang telah ditentukan. Sebanyak 194 peserta mengikuti kegiatan ini, terdiri dari mahasiswa IAIN Surakarta dan universitas lain.

Dalam sambutannya Hakiman, M.Pd selaku ketua FOSTABA menyampaikan rasa bangganya terhadap kampus IAIN Surakarta. “Saya dan mas Boy ini adalah anak dari Pak Fauzi, karena saya diajar beliau. Mas Thoriq dan mbak Fantika ini anak saya, karena saya mengajar mereka. Jadi inilah kehebatan IAIN Surakarta dalam melahirkan generasi hebat,” imbuhnya. Setali tiga uang, Siti Choiriyah, S.Ag., M.Pd selaku Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah juga menyampaikan rasa bangganya karena lulusan IAIN Surakarta mampu bersaing dengan PTKIN lain. “Besar harapan kami supaya seluruh peserta yang hadir di sini, kelak akan menjadi generasi penerus yang memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi,” pintanya.

Kegiatan pelatihan kepenulisan kemudian dipandu oleh Farah Muthia, M.Pd yang membagi kegiatan menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, Boy Rahmanto (Wartawan Jawa Pos, Radar Solo) memaparkan materi seputar dunia jurnalistik dan penulisan artikel. Sesi kedua, Muhammad Thoriq Fauzan (Juara 2 karya ilmiah tingkat nasional) memaparkan materi tentang karya tulis ilmiah. Sesi ketiga, Fantika Febry Puspitasari (Penulis buku: 22 Kotak Sutra untuk 22 Mutiara) memaparkan materi perihal kiat-kiat menulis buku. Setelah semua pembicara menyampaikan materi, kegiatan dilanjutkan dengan membagi peserta sesuai dengan minatnya masing-masing dan dibimbing secara intensif untuk menghasilkan karya nyata. Mereka akan dibimbing secara intensif via on-line oleh para mentor dan ditargetkan dapat menghasilkan karya dalam satu bulan sejak pelatihan. (AR/Humas dan Publikasi) #banggaIAINSurakarta

Sumber: Fantika Febry Puspitasari—Pengurus IKAPI IAIN Surakarta

Komentar ditutup.