Bg

UKM T-MAPS Gelar Pelatihan Protokoler dengan Humas IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 12 Maret 2019

SINAR- Selasa (12/03) Unit Kegiatan Mahasiswa
Training for Motivation and Public Speaking (UKM T-MAPS) ) gelar pelatihan protokoler di Gedung layanan masyarakat IAIN Suarakarta. Dibuka dengan ciri khas UKM T-MAPS yaitu ice breaking yang dipandu langsung oleh MC yaitu Nafri (PBA 2017) dan Putri (BKI 2017). Pecahnya tawa dari peserta membuat suasana menjadi penyemangat awal pelatihan protokoler.

“Pelatihan Protokoler ini diharapkan menjadi bekal untuk para anggota dan pengurus UKM T-MAPS yang kedepannya akan menghadapi dan menangani berbagai kegiatan ataupun event yang akan dilaksanakan oleh UKM T-MAPS dan secara umum seluruh event di IAIN Surakarta. Sehingga saat di lapangan nanti sudah memiliki ilmu yang cukup dan mampu mengaplikasikannya”, Ucap Damar selaku Direktur UKM T-MAPS.

Pelatihan Protokoler dibimbing langsung oleh Gustaf  Mahendra selaku Staff Humas IAIN Surakarta. Selain menjadi narasumber kegiatan, beliau juga adalah pelatih baru UKM T-MAPS IAIN Surakarta, khususnya dalam keprotokoleran. Peserta sangat antusias sekali mengikuti acara ini, dilihat dari semakin bertambahnya peserta yang berdatangan saat acara berlangsung. Pelatihan protokoler sebenarnya sudah dilakukan kedua kalinya oleh UKM T-MAPS IAIN Surakarta pada pertengahan tahun 2018 lalu, melihat sangat besar sekali potensi yang dimiliki mahasiswa menjadikan perhatian penuh untuk memberikan pelatihan keprotokoleran kepada mahasiswa khususnya mahasiswa yang mengikuti UKM T-MAPS.

Salah satu penyampaian materi yang disampaikan Gustaf adalah “cara supaya dapat mematuhi apa yang diperintahkan ketua dari awal sampai akhir, selalu fokus dengan pekerjaan, dan bisa memiliki analisis yang cepat merupakan beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang protokol”. Penyampaiaan materi tidak hanya berdasarkan uraian yang hanya di PPT saja, melainkan meliputi praktek yang langsung disimulisasikan melalui partisipasi peserta, contohnya saat simulasi penjemputan tamu undangan, tata cara penyambutan tamu undangan dan penempatan tempat duduk untuk para tamu undangan.

Pelatihan yang diikuti dari berbagai angkatan dari UKM T-MAPS ini mulai dari angkatan 2016, 2017 hingga terbaru 2018. Selain itu juga ada penyeleksian untuk menjadi staff protokoler yang akan dipilih secara acak dan akan terpilih sebanyak 15 orang dari mereka yang sudah mengumpulkan CV (Curriculum Vitae). Di sesi akhir kegiatan, tidak lupa foto bersama narasumber sebagai tanda acara telah selesai. (Gie/ Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta

Sumber: Siti Khoiriyah (KPI 6PR/ Bidang PR T-MAPS)

Komentar ditutup.