MoU dengan Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Kemenag RI

SINAR- Nota Kesepahaman (MoU) telah ditandatangani oleh Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd selaku Rektor IAIN Surakarta bersama Dr. Muhammad Zain, M.Ag selaku Kepala Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Kemenag RI. Dalam MoU yang ditandatangani, Senin (1/4) tersebut menambah optimisme Dr. Mudofir dalam pengembangan riset sejarah di wilayah pulau Jawa. Harapan besar dari Dr. Mudofir juga adalah pengembangan kualitas peneliti dari IAIN Surakarta dalam menggali sejarah Islam Jawa khususnya.

Dengan adanya MoU ini pula, terselip harapan adanya pengayaan-pengayaan sumber sejarah dan akan menjad bahan dan panduan riset selanjutnya. Lebih lanjut Rektor juga tengah menggalakkan mobilisasi SDM dan aset menuju penelitian yang berkualitas untuk menunjang tujuan IAIN Surakarta.

Dilain sisi, Dr. Muhammad Zain sepakat dengan pemikiran bahwa dengan mempelajari sejarah lebih lama ke masa lampau maka akan dapat melihat masa depan lebih jauh pula. Miris memang jika melihat fenomena saat ini, bangsa kita sudah mulai kehilangan cita rasa”, ucapnya. Dalam hal ini keluhuran budaya yang di masa lampau hilang tanpa ada bekas pancaran yang tersisa sebagai pribadi akhlak bangsa”, lanjutnya.

Untuk itulah Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Kemenag RI ini bertugas untuk menggali sejarah bangsa dan ingin mengembalikan cita rasa budaya masa lampau. Melalui bantuan IAIN Surakarta di pusat Islam Jawa Surakarta maka optimisme untuk hal tersebut akan dapat terwujud”, pungkasnya. (Gie/ Humas Publikasi)