1079 Mahasiswa IAIN Surakarta KKN di Boyolali

SINAR–Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi,yaitu pengabdian masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan agenda tahunan yakni Kuliah Kerja Nyata (KKN).

IMG_2678Pembekalan KKN Transformatif posdaya berbasis masjid ini diikuti oleh 1079 mahasiswa yang telah memenuhi syarat, yang dibagi menjadi 110 kelompok yang akan disebar di empat kecamatan di kabupaten Boyolali yakni Kecamatan Sambi, Simo, Nogosari dan Klego.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan 2 shift, yaitu 19-21 Mei untuk yang mendapat wilayah kerja di Kecamatan Sambi dan Simo dan 26-28 Mei bagi yang mendapat wilayah kerja di wilayah Nogosari dan Klego.

Kepala LP2M, Hery Setyana, M.Pd menyatakan bahwa KKN tahun 2015 ini masih memiliki konsep yang sama dengan tahun 2014, yaitu KKN transformatif posdaya yang berbasis masjid. Sedikit perbedaannya adalah pada penambahan lokasi kerja, yakni Kecamatan Klego. Selain itu mahasiswa difokuskan pada pendataan keluarga pra sejahtera dan sejahtera.

Masa KKN ini akan berlangsung selama satu bulan, yaitu bulan Juni 2015. Dengan singkatnya durasi KKN, mahasiswa sangat diharapkan mampu bertanggung jawab dan berperan aktif di masyarakat.

“Kami sangat berharap, mahasiswa menjadi seorang yang bertanggung jawab, berperan aktif, mampu memanfaatkan waktu yang sangat minim dengan memetakan masalah dengan baik dan mencarikan solusi,” terang Hery.

Selain itu Hery juga berharap agar mahasiswa menjadi pendengar yang baik saat di lapangan, bukan menjadi penceramah yang menggurui. (Yin)