Bg

Kali Ini, ANRI Datang Untuk Mengedukasi Mahasiswa IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 16 Mei 2019

SINAR- Dalam beberapa waktu terakhir ini, intensitas komunikasi dan kerjasama antara IAIN Surakarta dengan Lembaga ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) terus meningkat. Berbagai upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan khususnya tentang pengelolaan arsip statis maupun arsip dinamis yang sangat penting bagi pendidikan dan penelitian di IAIN Surakarta.

Kali ini. sebagai tindak lanjut dari upaya-upaya tersebut maka tim ANRI kembali mendatangi IAIN Surakarta dengan sasaran mahasiswa tingkat akhir yang tengah menjalani penulisan skripsi. Terkhusus kepada mahasiswa Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) sebagai sasaran kegiatan Sosialisasi Arsip Nasional “Arsip Statis Sebagai Sumber Penulisan Ilmiah” akan sangat membutuhkan arsip sebagai kajian penelitian.

Dr. H. Giyoto, M.Hum selaku Deka FAB mengungkapkan bahwa sosialisasi ini amatlah penting karena akan membuka jalan selanjutnya untuk bekerjasama dengan ANRI dalam hal kegiatan penelitian. Dr. Giyoto juga berharap adanya tindak lanjut ANRI untuk menerima mahasiswa magang dari Jurusan SPI.

Dra. Kris Hapsari, M.Hum (Kepala Subdirektorat Layanan Arsip ANRI) bersama timnya sangat banyak memberkan pengetahuan tentang kearsipan statis yang membuka wawasan baru bagi para mahasiswa. Karena Undang-undang keterbukaan publik maka turut merubah ANRI menjadi lebih mudah diakses oleh siapapun tentunya dengan tidak meninggalkan kaidah-kaidah kerahasiaan yang perlu dijaga.

Kedepan, antara penelitan dan arsip akan bisa saling melengkapi karena sebuah penelitian akan tiba saatnya menjadi sebuah arsip sedangkan arsip bisa menjadi bahan kajian/ sumber penulisan ilmiah. (Gie/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.