Bg

Resmi Dimulai, KMD 2019 IAIN Surakarta Diikuti 105 Peserta Se Jateng-DIY

Diterbitkan tanggal 17 Juni 2019

SINAR- Unit Kegiatan Khusus (UKK) Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang IAIN Surakarta menyelenggarakanKursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) kwartir cabang Sukopharjo , Senin (17/6). Acara yang berlangsung selama 6 hari kedepan ini (17-22 Juni) diawali dengan upacara pembukaan yang bertempat di Aula Gedung PPG. KMD kali ini diikuti oleh 105 peserta yang terbagi atas 83 perempuan dan 22 laki-laki. Mereka berasal dari berbagai beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ucap Hadi selaku ketua Racana IAIN Surakarta.

Suharyanto M.Pd sebagai Kepala Pusdiklat cabang Sukoharjo dalam sambutannya mengatakan ruh inti dari pramuka adalah pengamalan dasadarma pramuka. Untuk IAIN Surakarta sendiri sudah tidak perlu diragukan dalam pengamalan dasadarma juga merupakan implementasi dari Al Quran dan Hadis seperti taqwa kepada Tuhan YME, cinta alam dan kasih saying sesame manusia, dll. Selanjutnya beliau juga menyampaikan pendidikan KMD ini penting terutama bagi para calon guru, karena dalam kurikulum memuat ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan dan guru yang boleh menuyampaikan adalah yang telah mempunyai kualifikasi dengan ijazah minimal KMD, sambungnya. Kemudian beliau menutup sambutannya dengan mengajak para peserta untuk kembali mengangkat kewibawaan bangsa dan negara melalui pramuka.

Sementara itu Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. H. Syamsul Bakri, S. Ag., M. Ag dalam sambutannya menyampaikan akan terus mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh UKK Racana, kegiatan apapun akan kita support dan kita fasilitasi, ungkapnya. Beliau juga mengatakan mahasiswa utamanya calon guru harus tau pramuka, kedepan harus kita wajibkan kalau perlu sebagai syarat kelulusan. Karena di sekolah sekolah pasti ada ekstrakulikuler pramuka, bagaimana bisa mengajar pramuka kalau gurunya tidak pernah ikut pendidikan pramuka, ujar beliau.(Zat/Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.