Bg

Omah Jurnal IAIN Surakarta Bekerjasama Dengan RJI Adakan Lokakarya Literasi Jurnal

Diterbitkan tanggal 18 Juni 2019

SINAR- Selasa (18/06) Omah Jurnal IAIN Surakarta mengadakan acara Lokakarya Literasi Jurnal di Aula Rektorat Lantai 3 IAIN Surakarta. Kegiatan ini diadakan berkat kerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Kegiatan dihadiri oleh 50 peserta (pengelola jurnal) yang berasal dari berbagai daerah, misalkan dari Jambi, Bima, Surakarta, Wonogiri, Salatiga, Jakarta, Cirebon, Ponorogo, dan daerah lainnya. Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir membuka acara tersebut pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, Rektor IAIN Surakarta menyampaikan apresiasi terhadap Relawan Jurnal Ilmiah, pengelola Omah Jurnal IAIN Surakarta, dan seluruh peserta kegiatan lokakarya yang berasal dari seluruh Indonesia. Seluruh pengelola jurnal memiliki PR Bersama, yaitu untuk terus semangat meningkatkan kualitas jurnal di institusi masing-masing. Sambutan juga disampaikan oleh Dr. Yusup Rohmadi, M.Hum selaku Ketua Umum Omah Jurnal IAIN Surakarta. Yusup Rohmadi menyampaikan terima kasih kepada RJI yang sudah bersedia bekerjasama dengan IAIN Surakarta. Yusup Rohmadi menyampaikan bahwa IAIN Surakarta berkomitmen seluruh jurnal di IAIN Surakarta submit akreditasi di tahun 2019.

Acara Lokakarya Literasi Jurnal dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah Academic Writing for International Publication. Tema ini disampaikan oleh Dr. H. Toto Suharto, M.Ag (IAIN Surakarta). Toto menyampaikan berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika menulis artikel penelitian atau artikel jurnal agar dapat layak muat di jurnal internasional bereputasi. Misalkan, menuliskan judul yang menarik, tidak mengulang-ulang kalimat, melakukan metode penelitian yang tepat dan runtut, menuliskan analisis hasil penelitian yang detail dan sesuai kerangka penelitian. Toto juga mengingatkan agar tidak terjebak pada plagiat. Maka dari itu, butuh kecermatan untuk menggunakan perspektif yang berbeda dengan penelitian terdahulu. Selain itu, juga butuh keterampilan memparafrase kalimat ketika mengutip penelitian terdahulu.

Sesi dua dibawakan oleh Heri Nurdiyanto, S.Kom., M.T.I (Relawan Jurnal Indonesia). Materi yang dibawakan adalah strategi dan persiapan indeksasi serta akreditasi jurnal nasional. Heri membahas setiap komponen yang menjadi bahan penilaian akreditasi pada evaluasi diri. Heri memberikan berbagai strategi agar pada masing-masing komponen tersebut mencapai nilai maksimal. Misalkan, tentang strategi menjaring naskah, konsistensi penulisan dan tata letak penulisan jurnal. Lebih lanjut, Heri juga memberikan hal-hal yang harus dihindari karena berpotensi mengganggu proses akreditasi, misalkan inkonsistensi penulisan jurnal, ketiadakan author guideline dan template, tidak bekerjanya editor dan reviewer, server yang down, pergantian ISSN sehingga jurnal tidak bisa diakses, dan jurnal tidak open acces. Heri juga menyampaikan bahwa menjadi pengelola jurnal bisa bermanfaat untuk pembelajaran menulis jurnal. Di setiap sesi, diadakan tanya jawab dan diskusi antara pembicara dengan peserta. (Gie/Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta

Sumber: Tim Omah Jurnal IAIN Surakarta
Foto: Gustaf
Editor: Nugroho

Satu tanggapan untuk “Omah Jurnal IAIN Surakarta Bekerjasama Dengan RJI Adakan Lokakarya Literasi Jurnal”