Bg

Penandatanganan MoU Antara IAIN Surakarta – IAKN Manado

Diterbitkan tanggal 10 Juli 2019

SINAR- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada hari Rabu (10/7) kedatangan tamu dari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dalam rangka penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Rombongan yang berasal dari IAKN Manado ini dipimpin langsung Rektor IAKN Manado Pdt. Dr. Jeane Tulung, S.Th., M.Pd dengan didampingi oleh Wakil Rektor dan pejabat terkait di lingkungan IAKN Manado. Mereka diterima langsung Rektor IAIN Surakarta Prof. Dr. H. Mudofir, S. Ag., M.Ag. bersama para jajarannya di ruang sidang senat rektorat. MoU ditandangani langsung oleh Prof. Mudofir Pdt. Dr. Jeane Tulung dan disaksikan oleh sejumlah yang hadir dalam kunjungan tersebut.

Rektor IAKN Manado menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh IAIN Surakarta. Hasil dari penandatangan MoU ini, Rektor IAKN Manado berharap ada beberapa hal yang dapat dilakukan dari kerjasama ini seperti mengadakan seminar-seminar dengan mengundang Rektor IAIN Surakarta beserta jajarannya sebagai narasumber atau saling mengadakan studi banding ke depannya, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Tentu bukan hanya sebatas penandatanganan dalam bidang akademik dan administrasi tetapi berharap dapat melanjutkan dalam kegiatan yang lainnya.

Sedangkan Prof. Mudofir menyampaikan bahwa MoU ini bukan hanya pertemuan antar rektor tapi juga menetes ke bawah, menghasilkan aksi-aksi atau agenda aksi di tingkat mahasiswa dan di tingkat seterusnya. Untuk IAKN Manado yang berada dalam rumah besar Kementerian Agama, terdapat banyak hal yang bisa dikerjakan, yaitu sama-sama punya mandat untuk menciptakan moderasi beragama, sehingga mungkin perlu adanya pertukaran kuliah bersama anatar mahasiswa IAIN Surakarta dengan mahasiswa IAKN Manado yang bisa dalam bentuk KKN/PPL, sehingga dengan demikian dapat terbangun satu pandangan multikultural yang tujuannya adalah kebersamaan sebagai satu bangsa, yang mana ikatan-ikatan satu bangsa ini penting dan harus ditumbuhkan yang pada akhirnya dapat membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia yang berbudi pekerti luhur dan berbudaya.

Lebih lanjut, dalam sistem pendidikan nasional yang melakukan kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi, pada dasarnya memliki tujuan, yaitu untuk meningkatkan tata kelola perguruan tinggi, untuk meningkatkan mutu SDM, untuk meningkatkan mutu penelitian dan publikasi, dan meningkatkan mutu kegiatan sistemik kemahasiswaan. Adanya perjanjian tersebut diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang baik antar kedua belah pihak dan dapat saling menguntungkan antar keduanya. (Lan/ Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta

Editor: Nugroho
Dok: Gustaf

Satu tanggapan untuk “Penandatanganan MoU Antara IAIN Surakarta – IAKN Manado”

  1. […] Adanya perjanjian melalui MoU tersebut, diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang baik antar kedua belah pihak dan dapat berperan penting dalam mendemonstrasikan indahnya kebersamaan dalam perbedaan agama di Indonesia.Akses berita serupa di:http://www.iain-surakarta.ac.id/?p=18659 […]