Bg

KKN INSPIRASI Inisiasi Berdirinya Koperasi Desa

Diterbitkan tanggal 23 Juli 2019

SINAR – Dalam rangka mendukung lahirnya  program inspiratif berkelanjutan  KKN INSPIRASI IAIN Surakarta bekerjasama dengan Karangtaruna Putra Saloka Inisiasi berdirinya Koperasi Desa (20/07/2019). Acara ini diawali dengan pembentukan AD/ART di kediaman  Mas Yamto di Dukuh Losari, Ngargoloka yang dihadiri oleh masyarakat, karang taruna, dan anggota KKN. Pembentukan Koperasi ini dilatarbekangi oleh keinginan oleh karang taruna yang menginginkan adanya koperasi yang disitu bisa menjual barang-barang hasil pertanian desa seperti tembakau, teh, cengkeh, kopi dan susu. Kendala utama yaitu  mereka tidak mengetahui cara memulainya. Pembentukan Koperasi ini bertujuan untuk memfasilitasi tumbuhnya perekonomian di Desa Ngargoloka.

 Kegiatan ini diisi materi oleh Dedi Kustanto yang sehari-hari di kampus menjadi Ketua Unit Kegiatan Khusus Koperasi Mahasisswa IAIN Surakarta.  “Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip sekaligus ekonomi rakyat, dengan azaz kekeluargaan. Dilanjutkan tentang sejarah koperasi, azaz, dan landasan koperasi. Setelah acara sosialisasi selesai, KKN Ngargoloka mendampingi menuju Dinas Koperasi untuk mendapatkan pelatihan intens selama tiga bulan, “ Terang Dedi.

Dengan Berdirinya Koperasi Desa diharapkan menjadi sebuah sarana baru untuk memperbaiki ekonomi dari akar dasar, mengingat desa merupakan komponen penting kehidupan. Harapannya , progam kerja mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata memberi dampak berkelanjutan bagi Desa. (Gie/Humas Publikasi)

 Sumber: Ning Tiyas Utami (Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah)

Komentar ditutup.