Bg

1.973 Calon Mahasiswa IAIN Surakarta Rebutkan Kuota 738 Kursi

Diterbitkan tanggal 24 Juni 2015

SINAR-77.224 pendaftar akan mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) tahun ini. Mereka memperebutkan sekitar 36 ribu kursi yang tersebar di 55 PTKIN di seluruh Indonesia.

UM PTKINKetua Panitia Lokal wilayah IV IAIN Surakarta, Dr. Mudofir menjelaskan bahwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mendapat jatah kuota sebanyak 738 Kursi dari jalur UM PTKIN ini. Dari 738 kursi tersebut akan diperebutkan oleh 1.973 calon mahasiswa.

Lebih lanjut dijelaskan, UM PTKIN merupakan seleksi masuk IAIN melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama.

Sementara itu, informasi yang dihimpun dari kesekretariatan panitia lokal UM PTKIN IAIN Surakarta, materi yang diujikan dalam pelaksanaan UM-PTKIN antara lain Pontensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan, Keislaman, Ilmu Pengetahuan Alam untuk program studi bidang Sains dan Teknologi, Ilmu Pengetahuan Sosial untuk progtam studi bidang sosial, humaniora dan keagamaan.

Tes Potensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan serta Keislaman diikuti oleh seluruh kelompok ujian pada hari pertama. Sedangkan hari kedua, materi IPA untuk kelompok ujian IPA dan IPC serta materi IPS untuk kelompok ujian IPS dan IPC, jelas Pudji Rahardjo Rudi Hartono, AKS., sekretaris panitia lokal UM PTKIN IAIN Surakarta. (Mahendra)

Komentar ditutup.