Tabungan Qurban, Melatih Kepedulian Untuk Sesama

SINAR- Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah bersama Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Perbankan Syariah melaksanakan ibadah qurban. Program tersebut merupakan inisiasi dari Jurusan Perbankan Syariah, termasuk dari Budi Sukardi, S.E.I, M.S.I., selaku Ketua Jurusan Perbankan Syariah, sebagai program sosial mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah.

Dengan dimulainya tabungan qurban mahasiswa pada bulan Februari 2019, mahasiswa jurusan Perbankan Syariah mengumpulkan dana untuk berqurban melalui tabungan qurban mahasiswa yang di kelola oleh HMJ Perbankan Syariah, tepatnya oleh Divisi Keagamaan. Program tabungan qurban mahasiswa dilaksanakan dengan mengumpulkan dana dari mahasiswa Perbankan Syariah melalui koordinator kelas yang ditunjuk oleh HMJ Perbankan Syariah. Mahasiswa mengumpulkan dana sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Sejak dirilisnya tabungan qurban mahasiswa sampai dengan pelaksanaan qurban, sudah terkumpul dana sejumlah Rp. 24.746.500, yang kemudian oleh HMJ Perbankan Syariah direalisasikan dengan membeli hewan qurban sebanyak 1 ekor sapi. Hewan qurban tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan daging hewan qurban, yaitu Masjid Al-Amin (Semagar, Balong, Jenawi, Karanganyar).

Jurusan Perbankan Syariah memiliki harapan bahwa program tabungan qurban mahasiswa dapat melatih kepedulian mahasiswa untuk masyarakat sekitar. Diharapkan untuk kedepannya program tabungan qurban mahasiswa ini dapat terus dilaksanakan, sehingga dapat dijadikan program sosial yang rutin diadakan setiap tahun atas nama mahasiswa jurusan perbankan syariah. (Gie/Humas Publikasi)

Sumber: Divisi keagamaan/HMJ Perbankan Syariah