Bg

Upacara Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Diterbitkan tanggal 17 Agustus 2019

SINAR- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), IAIN Surakarta melaksanakan upacara bendera di Lapangan Utama Kampus setempat, Sabtu, (17/8). Upacara tersebut diikuti seluruh pegawai dan dosen di lingkungan IAIN Surakarta serta sejumlah mahasiswa program bidikmisi, dan melibatkan UKK Racana, UKK Menwa dan UKM Gas-21.

Dalam amanatnya Rektor IAIN Surakarta selaku pembina upacara Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M. Pd. memberikan apresiasi kepada seluruh peserta upacara yang telah ikut memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, ini membuktikan bahwa kita menghargai jasa para pahlawan dan senantiasa ikut dalam menjaga keutuhan NKRI. Kemudian beliau membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. Berikut kutipan sambutan dari Menteri Agama Republik Indonesia, “sejalan dengan tema Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia, yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”, kita semua perlu memberi prioritas terhadap pembangunan manusia dalam segala aspeknya. Sumber Daya Manusia Unggul dibentuk dari keluarga yang sejahtera dan bahagia, selanjutnya dikembangkan melalui sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dan dioptimalkan melalui interaksi sosial yang sehat di tengah masyarakat. SDM unggul tidak hanya cerdas otak kiri dan kanannya saja tetapi juga harus bersih hatinya. Oleh karena itu disamping peran lembaga pendidikan formal yang mampu membekali kemampuan di bidang sains dan teknologi, lembaga-lembaga pendidikan keagamaan juga berperan penting membangun kepribadian, moral dan integritas, dengan menyiapkan SDM unggul yang mampu merespon dan menjawab tantangan abad 21.

Kementerian Agama memiliki peran strategis dalam mempersiapkan SDM Unggul untuk Indonesia Maju, setidaknya melalui dua sektor yang ditangani secara langsung, yaitu sektor pembangunan keluarga melalui jalur pelayanan pernikahan, bimbingan perkawinan. Juga sektor pendidikan agama dan keagamaan sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Oleh karena itu, saya minta kita semua mengawal program bimbingan perkawinan serta pendidikan agama dan keagamaan dalam paradigma moderasi beragama guna mencapai hasil, tujuan dan makna yang diharapkan untuk kemajuan bangsa. Selain upacara HUT RI ke 73, Rektor juga memberikan penghargaan Satya Lancana kepada 32 pegawai baik dosen ataupun pegawai yang telah melalui masa bakti 10, 20 dan 30 tahun. (Zat/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.