Bg

Pengantar Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi

Cakrawala Baru Teori Pendidikan
Penulis: Suprapti, M.Pd
Penerbit: FATABA Press IAIN Surakarta
Cetakan: Cet. 1, Oktober 2013
Tebal: vii+142 hal
ISBN: 978-602-1242-056

Berbicara mengenai pendidikan memang tidak akan pernah ada habisnya. Pendidikan sebagai dasar dalam proses pembentukan manusia menjadi hal pokok yang wajib di lakukan. Keberhasilan suatu Negara juga selalu di ukur dengan seberapa maju tingkat pendidikannya. Logikanya adalah semakin maju suatu Negara maka semakin maju pula pendidikan wargannya. Sehingga perhatian mengenai pendidikan selalu tinggi, seperti halnya di Indonesia akhir-akhir ini begitu banyak kecaman akan kegagalan pendidikan di indonesia. Kenapa demikian, tentu saja karena manusia di Indonesia mengalami penurunan secara kualitas seperti masalah mengenai buruknya moral peserta didik yang mencuat di media-media, serta juga menurunya moral para pendidiknya.  Berita-berita tersebut seakan semakin menjadi pembuktian akan kebenaran gagalnya pendidikan di Indonesia.

Asumsipun bermunculan untuk menjawab akar permasalahan tersebut, dari buruknya kurikulum, bobroknya moral para pendidik, dan besarnya pengaruh kebudayaan asing yang merusak melalui media-media yang ada. Walaupun pada dasarnya permasalahan itu saling keterkaitan satu sama lain. Sehingga diperlukan wawasan baru mengenai pendidikan untuk bisa memahami permasalah itu lebih dalam.

Buku ini hadir sebagai salah satu usaha pemahaman mengenai dasar pendidikan yang diharapkan bisa menjawab permasalahan diatas.  Hal ini terutama untuk para calon pendidik yang belajar di perguruan tinggi Islam. Mereka (calon pendidik) harus benar-benar paham mengenai hakikat dari pendidikan dalam islam. Karena pendidikan pada dasarnya tidak hanya mencerdaskan dan melatih keterampilan saja tapi lebih kepada bagaimana manusia itu bisa bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlakul karimah.

Penulis buku ini Suprapti, M.Pd, memberikan penjelasan mendalam mengenai hakikat manusia sebagai subjek dalam pendidikan, dan juga hakikat pendidikan itu sebenarnya untuk apa dan kepada siapa. Bahasan yang terperinci dan mendalam dari buku ini sangatlah cocok bagi para pemula terutama mahasiswa yang baru bersentuhan dengan teori-teori pendidikan. Selain itu buku ini juga semakin lengkap dengan membahas mengenai aliran-aliran dalam pendidikan, system pendidikan nasional dan ditutup dengan bahasan mengenai pendidikan dan pembangunan nasional.

Selain itu buku ini pun memaparkan mengenai masalah pendidikan yang sangat luas dan kompleks baik itu dari segi pelakunya yaitu manusia, sedangkan manusia itu sendiri merupakan makhluk penuh misteri yang mengundang teka-teki, dan juga pendidikan harus mengantisipasi hari depan yang juga banyak mengandung pertanyaan. Buku ini mencoba untuk merumuskan masalah yang bersifat pokok yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi pemecahan masalah-masalah praktis yang timbul dalam praktek pendidikan dilapangan.

Komentar ditutup.