Bg

Seminar Public Speaking UKM T-MAPS Tiada Tara

Diterbitkan tanggal 16 September 2019

SINAR- Seminar Nasional Public Speaking diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Training for Motivation and Public Speaking (T-MAPS) IAIN Surakarta. Seminar Nasional Public Speaking bertemakan Jurus Jitu Public Speaking Yang Memukau, diselenggarakan pada hari Jumat, 13 September 2019 yang bertempat di Gedung Graha IAIN Surakarta. Acara yang dihadiri ratusan peserta baik dari dalam maupun luar kampus tersebut mendatangkan Setyawan Eka Rahmanta, ST. M. I. KOM. (Motivator Humor Indonesia) sebagai pembicara, dan Mr. Gege sebagai moderator.

Mr. Wahyu Aji sebagai ketua pelaksana berharap dengan di adakannya seminar nasional ini dapat bermanfaat dan peserta mampu memahami Jurus Jitu Public Speaking. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, seminar kali ini memiliki konsep yang berbeda. Karena terdapat sisipan humor sehingga peserta tidak merasa bosan.

Sementara itu Pembina UKM T-MAPS bapak Ahmad Saifuddin, M.Psi. menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa, public speaking sangatlah penting untuk membangun ketrampilan seperti pembawa acara, stand up comedy, dsb. Ketrampilan public speaking harus di dasari dengan pengetahuan yang memadai. Beliau berpesan hal yang terpenting dalam public speaking adalah konsekuensi dalam mencari pengetahuan karena di Indonesia sangat memerlukan orang yang mampu berbicara dan dapat merealisasikan apa yang mereka katakan.

Dalam acara tersebut, Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Surakarta berkesempatan memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau memberikan wejangan dengan adanya public speaking, diharapkan mahasiswa dapat mencetak kecakapan dalam berbicara untuk menginspirasi dan mengubah pola fikir lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik.

Dalam seminar nasional kali ini, narasumber memaparkan bagaimana memahami komunikasi verbal, mengetahui tingkatan dalam berkomunikasi dan cara mengtasi hambatan dalam berkomunikasi untuk mencapai kekuatan dalam berbicara.

Dalam closing statement, narasumber yang juga merupakan Comedian I Artist Stand Up Comedy Metro TV, Coach AKSI Indosiar dan Coach Dai Muda ANTV memberikan motivasi untuk peserta, bahwa senikmat nikmatnya orang ketika hobi menjadi sebuah profesi. Beliau juga menambahkan ketika menjadi mahasiswa manfaatkanlah untuk bergaul, berorganisasi dan mencari relasi. Karena ketika telah memasuki dunia pekerjaan belum tentu hal tersebut dapat kita dapatkan. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan dilanjutkan foto bersama.

Sumber : Humas T-MAPS (Arhanudri Davi)

Komentar ditutup.