Bg

Gugah Jiwa Seni Religi, Aksi Mural Competition Kolaborasi HMJ PAI- SRD IAIN Surakarta Angkat Tema Pluralisme Indonesia

Diterbitkan tanggal 16 Oktober 2019

SINAR- Rabu (16/10), Komunitas Seni Rupa dan Desain (SRD) IAIN Surakarta terus menelurkan karya-karyanya yang mewarnai IAIN Surakarta. Kali ini, mereka turut berpatisipasi pada Mural Competition “Pluralisme” dalam rangka Acara PAI FAIR yang diadakan oleh HMJ Pendidikan Agama Islam IAIN Surakarta.

PAI FAIR (16-17 Oktober 2019) ini baru kali pertama dilaksanakan di IAIN Surakarta. Namun demikian Mural Competition yang digawangi oleh komunitas SRD sempat mencuri perhatian mahasiswa yang berada di sekitaran Hall Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT) karena banyaknya cat, canvas dan aksi kerumunan yang sedang asyik mencorat-coret.

Aksi Mural Competition dalam acara PAI FAIR ini jelas memberikan ruang bagi para seniman untuk menuangkan ide dan persepsi mereka tentang pluralisme di Indonesia ini. Pluralisme merupakan paham dimana pandangan hidup memahami adanya pengakuan kemajemukan dan keberagaman. Kemajemukan dan keberagaman yang dimaksud adalah dilihat dari segi agama, suku, ras, adat dan lain sebagainya. Kriteria penilaian pada lomba mural tersebut adalah kesesuaian tema, kejelasan maksud dan tujuan, keindahan, kombinasi, dekorasi, nilai artistik kerapian dan originalitas.

Keikut sertaan anggota SRD IAIN Surakarta pada Mural Competition yang diadakan HMJ PAI kali ini selain untuk memeriahkan acara, juga sebagai media penyalur minat dan pengembangan bakat dalam ranah kesenian.

Dengan mengikuti Mural Competition “Pluralisme” ini, diharapkan menjadi ajang untuk berinteraksi, bersosialisasi dalam semangat kompetisi yang sehat serta dalam upaya membina dan mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa, khususnya di bidang seni rupa. Selain itu ajang ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi sekaligus menumbuhkan motivasi dikalangan mahasiswa IAIN Surakarta agar dapat menggali dan meningkatkan kreatifitasnya. (Gie/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.