Bg

IAIN Surakarta Miliki Tadris Bahasa Indonesia

Diterbitkan tanggal 31 Juli 2015

SINAR – Seiring dengan pesatnya perkembangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, maka Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) membuka jurusan baru yaitu Tadris Bahasa Indonesia (TBI). Jurusan ini telah dibuka berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. 2884 tahun 2015 tertanggal 19 Mei 2015.

“FITK sedang berorientasi pada pengembangan lembaga. Terlebih target untuk menjadi UIN pada tahun 2018 memicu semangat kami untuk segera membuka jurusan baru bidang umum, bukan keagamaan. Tahun ini kami buka 3 jurusan baru, yaitu Sastra Arab, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan terbaru Tadris Bahasa Indonesia,” terang Imam Makruf, Wakil Dekan Bidang Akademik FITK.

Menurut Imam, pembukaan jurusan TBI bagian dari pengembangan jurusan umum, selain itu TBI adalah jurusan yang sangat memungkinkan dibuka oleh FITK dikarenakan ketersediaan SDM (dosen bahasa Indonesia) sudah mencukupi, sesuai dengan kebutuhan madrasah, dan tidak memerlukan banyak laboratorium bahasa.

“FITK sudah memiliki laboratorium bahasa, sarana dan prasarana pun telah memadai, dan tentunya tidak perlu khawatir tentang penambahan 2 kelas dari jurusan baru ini. Kuota mahasiswa untuk FITK pada tahun ini tetap berkisar pada angka 923 mahasiswa dengan mengurangi kuota penerimaan mahasiswa pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Inggris yang peminatnya membludak,” tutur Imam saat ditemui di ruang kerjanya.

Kuota mahasiswa TBI tahun ini adalah 70 mahasiswa atau 2 kelas. Sedangkan hingga hari ini (31/7) peminat sudah mencapai lebih dari 80 calon mahasiswa. Ini menunjukkan animo masyarakat terhadap TBI sangat positif. (yin)

Komentar ditutup.