Bg

Mendesain Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Video Game

Penulis: SF.Luthfie Arguby Purnomo, S.S, M.Hum & SF.Lukfianka Sanjaya Purnama, S.S, M.A, M.Hum
Penerbit: FATABA Press IAIN Surakarta
Cetakan: Cetakan I, November 2013
Tebal: vii+184 halaman
ISBN: 978-602-99030-8-9

Mengajar Bahasa Inggris Dengan Video Game, Kenapa Tidak?

Ketika mendengar seorang anak bermain video game, maka orang tua akan langsung berfikir bahwa anak tersebut hanya bersenang-senang dan biasanya akan lupa tugasnya untuk belajar maupun membantu pekerjaan rumah. Pandangan negatif tersebut memang sudah melekat pada permainan video game karena sifatnya sebagai hiburan. Namun pada dasarnya video game pun bisa dijadikan sebagai media pembelajaran khususnya bahasa Inggris. Selain itu juga video game bisa menghilangkan image dari kata belajar yang identik dengan sebuah tekanan dan keseriusan. Kemudian berubah menjadi belajar yang menyenangkan dan menghibur. Maka sebagai calon guru, guru atau orang tua perlu kiranya memberikan media dan juga model baru dalam pembelajaran dari yang membosankan ke media dan model pembelajaran yang menyenangkan. Mungkin inilah salah satu solusi yang ingin ditawarkan oleh penulis buku ini.

Dalam buku ini penulis Luthfie Arguby dan Lukfianka Sanjaya memberikan porsi yang lebih besar kepada praktik desain video game yang langsung steps by steps langkahnya secara mendetail yang mencakup desain pembelajaran kosa kata, video game sebagai Lembar Kerja Siswa (LKS) elektronik, dan video game berbasis narasi dalam bentuk visual novel. Buku ini pun memberikan langkah-langkah yang simpel dan mudah seperti halnya dalam membuat video game untuk kosa kata dan LKS elektronik, pembaca tinggal mengunduh aplikasi dan template dari www.iaftersmile.com. Juga visual novel menggunakan aplikasi RMVX (RPG Maker VX) dari Enterbrain. Kedua aplikasi ini sangat mudah bahkan bagi para pencinta game PC pemula pun bisa membuatnya. Dan yang pasti hasilnya akan sangat membantu proses pembelajaran, karena siswa mudah memainkan dan menjalankan video game ini.

Kelebihan lain dari buku ini adalah tampilan dan penjelasan akan langkah-langkahnya yang mudah. Dilengkapi pula dengan pembahasan mengenai prinsip-prinsip dalam mendesain video game untuk pembelajaran bahasa yang baik dan menarik. Buku ini sangat layak untuk dibaca dan dipelajari bagi mahasiswa calon guru atau guru yang menginginkan media yang lebih menarik untuk proses belajar mengajar yang dilakukan.

Komentar ditutup.