Bg

Jelang AMI, LPM IAIN Surakarta Gelar Workshop

Diterbitkan tanggal 10 September 2015

SINAR-Sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Mutu IAIN Surakarta, penjaminan mutu internal dilakukan berdasar siklus plan-do-check-action (PDCA). Siklus PDCA terdiri dari penetapan standar mutu (plan), pelaksanaan/pemenuhan isi standar (do), pengendalian mutu (check) dan serta tindakan yang diperlukan untuk pemenuhan standar mutu (action). Salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam tahap pengendalian mutu (check) adalah Audit Mutu Internal (AMI) yang dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan instrumen yang disepakati.

Dengan demikian AMI merupakan kegiatan yang perlu dilakukan secara internal dengan kesadaran dan kemauan dari dalam institusi. Secara umum, manfaat AMI adalah didapatkannya materi nyata bahan-bahan tinjauan manajemen untuk membuat keputusan mutu. Jadi, AMI merupakan salah satu sokoguru pengembangan institusi.

workshop audit mutu internal LP2MPelaksanaan AMI di IAIN Surakarta dirancang untuk mencapai beberapa tujuan berikut, yaitu: (1) memeriksa kesesuaian atau ketidaksesuaian unsur-unsur sistem mutu dengan standar yang telah ditentukan; (2) memeriksa kesesuaian pencapaian tujuan mutu yang telah ditentukan; dan (3) melakukan audit untuk teraudit memperbaiki sistem mutu yang memenuhi syarat-syarat dan peraturan/perundangan.

Sebelum kegiatan AMI dilaksanakan, semua perangkat dokumen, yang meliputi borang AMI, formulir Permintaan Tindakan Koreksi (PTK), formulir Pemantauan PTK, butir-butir AMI, dan Kode Etik Auditor harus sudah siap. Semua dokumen AMI  tersebut disusun dalam rangka untuk menjamin pencapaian kebijakan SPMI, pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan sebagai pedoman bagi pelaksana SPMI dan tim auditor. Dokumen maupun instrumen AMI merupakan faktor kunci penentu keberhasilan AMI.

Dalam konteks penyiapan dokumen dan perangkat AMI itulah Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Surakarta mengadakan Workshop Persiapan Audit Mutu Internal yang ditekankan untuk persiapan Pelaksanaan AMI Siklus II, Rabu (9/9) di Ruang rapat senat rektorat IAIN Surakarta, dengan narasumber Dr. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si dan Muhammad Abrori,S.Si, M. Kom (Asesor BAN-PT) dan sebagai peserta adalah seluruh Auditor dan Auditee seluruh Jurusan di Fakultas IAIN Surakarta. (Mahendra)

Komentar ditutup.