Bg

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, LPM IAIN Gelar Workshop Penyusunan Silabus

Diterbitkan tanggal 1 Oktober 2015

SINAR – Sebuah perguruan tinggi selalu berlandaskan pada Tridharma Perguruan Tinggi dalam menjalankan segala roda aktivitasnya. Adapun isi dari Tridharma Perguruan Tinggi adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

workshop penyusunan silabus LPMBerdasarkan hasil evaluasi dari proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan, disimpulkan bahwa para dosen pada umumnya masih belum semuanya memiliki Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang baik. Dikatakan baik adalah apabila silabus dan SAP tersebut selalu dilakukan review dan perbaikan secara periodik.

Berpijak dari kondisi riil yang terjadi, maka salah satu solusi yang perlu segera ditempuh adalah dengan mengadakan workshop kepada para dosen dalam mengembangkan Silabus dan SAP.

Workshop yang dilaksanakan pada Rabu (30/9), di Aula Pascasarjana IAIN Surakarta ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kampus dengan memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan mengembangkan bahan ajar. Pada akhirnya pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di IAIN Surakarta.

Sylvi Dewajani, S.Psi.,Ph.D selaku narasumber menyebutkan bahwa dalam pendidikan dan pengajaran dibutuhkan perencanaan yang baik dan sistematis. Dengan perencanaan yang baik, maka dapat diprediksi tentang keberhasilan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Salah satu bentuk dari perencanaan dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi adalah pengembangan silabus dan Satuan Acara Perkuliahan. Keberadaan dua hal tersebut, mutlak dibutuhkan untuk menjadi media kontrol terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan.

Fokus dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para dosen IAIN Surakarta terkait dengan pengembangan Silabus dan SAP. Hal tersebut juga dimaksudkan untuk menyiapkan kelengkapan administrasi akademik khususnya dalam bidang pembelajaran, terang Dr. Mudofir, Rektor IAIN Surakarta dalam inti sambutannya. (Humas Publikasi)

Komentar ditutup.