Bg

Konsep Dasar IPA 2

Belajar IPA Itu Mudah
Penulis: Suyatman, M.Pd
Penerbit: FATABA Press IAIN Surakarta
Cetakan: Cetakan Pertama, Juli 2015
Tebal: vi+138 halaman
ISBN: 978-602-1242-41-4

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangat lah penting untuk dipelajari. Dimana ini menjadi pengetahuan dasar bagi manusia untuk mengenal alam sekitarnya. Selain itu dalam Al-Qur’an pun sudah disebutkan mengenai alam sekitar. Seperti halnya yang sudah di sebutkan dalam surat Faathir ayat 27, berikut ini.

Al - Faathir27

Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat”. (QS: Faathir:27)

Dalam ayat itu terlihat bahwa makhluk hidup sangat erat kaitanya dengan lingkungan. Semua makhluk menjalani hidup dan semua kegiatannya berkaitan dengan lingkungan sekitar. Seperti yang sudah di firmankan oleh Allah SWT. Makhluk hidup adalah suatu organism yang mempunyai cirri-ciri bernafas, bergerak, dan membutuhkan makanan.

Melihat adanya firman-firman yang menjelaskan makhluk hidup tersebut, jelas sekali disini Al Qur’an mengingatkan manusia untuk belajar mengenai alam sekitar teritama makhluk hidup yang hidup disekitar manusia.

Dalam buku ini penulis ingin memberikan penekanan pembelajaran IPA yang biasa dilakukan untuk siswa sekolah dasar (Madrasah Ibtidaiyah), tidak hanya membahas mengnai makhluk hidup itu sendiri tetapi bagaimana Islam memandang makhluk hidup. Dengan ditunjukkannya ayat-ayat Al Qur’an yang membahas mengenai itu. Jelas sekali penulis ingin memasukan unsur-unsur Islami ke dalam pembelajaran IPA.

Maka sangat disarankan sekali kepada guru-guru atau orang tua yang ingin mengajarkan anaknya mengenai IPA Dasar untuk memiliki buku ini. Karena buku ini sangat bermanfaat bagi penanaman nilai-nilai Islam kepada anak sejak dini. Apalagi dalam buku ini materi-materi IPA dijelaskan secara rinci dan mudah dipahami.

Komentar ditutup.