Bg

Pengembangan Bahan Ajar

Ingin Tahu Cara Mudah Mengembangkan Bahan Ajar ?
Penulis: Suyatman, M.Pd
Penerbit: FATABA Press IAIN Surakarta
Cetakan: Cetakan Pertama, Agustus 2013
Tebal: viii+155 halaman
ISBN: 978-602-99030-5-8

Masalah penting yang sering dihadapi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi yang diinginkan. Hal ini disebabkan karena kurikulum atau silabus serta materi ajar hanya dituliskan secara garis besar saja. Sehingga untuk menjabarkanya secara mendetail adalah tugas seorang guru. Dan di tahap inilah kadang-kadang guru merasa kesulitan untuk membuat atau mendapatkan bahan ajar yang tepat. Tentu saja sebelum membuat materi ajar, seorang guru harus mengetahui definisi dari bahan ajar.

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis. Jenis-jenis bahan ajar seperti bahan cetak (printed) diantaranya buku dan modul, bahan ajar dengar (audio), bahan ajar pandang dengar (audio visual), dan bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching materials).

Macam-macam bahan ajar serta sumbernya itulah yang akan anda dapatkan dalam membaca buku ini. Bagi seorang guru, calon guru, atau yang berkecimpung di dunia pengajaran sangatlah penting untuk membaca buku ini. Penjelasan yang diberikan sangat mudah untuk dipahami. Serta ditambahi dengan contoh-contoh yang konkrit dan nyata. Seperti bisa dibaca pada bab III. Penulis Suyatman, M.Pd begitu detail menjelaskan bahan ajar hand out dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Dia menjelaskan dari mulai analisis kebutuhanya, penyusunan hand out, struktur hand out, dan contoh bagian-bagian hand out.

Tak kalah menariknya buku ini juga menjelaskan berbagai bahan ajar serta sumber ajar yang lebih terkini dengan mengedepankan teknologi. Seperti yang dipaparkan dalam bab VI yang menjelaskan mengenai pengembangan bahan ajar berbasis Teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pada bab VIII penulis menjelaskan pengembangan bahan ajar dengan aplikasi Power Point. Penulis sangat jelas ingin mengajak pembaca untuk dapat membuat Power Point yang bagus mulai dari langkah-langkah awalnya. Navigasi dan task bar yang ada di jelaskan fungsinya satu persatu. Bagi orang awam mengenai teknologi, sangat mudah untuk mengaplikasikanya dalam pembuatan materi bahan ajar ini. Jadi saya sangat menyarankan kepada pembaca untuk segera memiliki buku yang begitu bagus ini.

Terutama apabila anda seorang guru, dosen, calon guru atau pun dosen.

Komentar ditutup.