Dirjen Pendis: “Pendidikan Tinggi Islam Miliki Peran Fundamental Pembangunan Bangsa”

SINAR – Disampaikan di hadapan ratusan mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dalam rangka kuliah umum di ruang sidang utama gedung Pascasarjana, Selasa (3/11).

kuliah umum dirjen pendisPada kesempatan ini, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA., mengatakan IAIN Surakarta sebagai salah satu lembaga negara penyelenggara pendidikan yang berbasis Islam dituntut selalu memberikan kontribusi yang nyata dan fundamental terhadap peradaban dan perkembangan ilmu-ilmu keIslaman yang senantiasa terus berkembang di dunia global saat ini. Hal ini dibuktikan dengan lembaga pendidikan tinggi Islam tidak lagi hanya fokus melakukan kajian-kajian keIslaman saja, tapi sudah melebihi itu mengikuti kemajuan pemikiran-pemikiran modern dari para intelektual muslim.

Berkaitan dengan peran fundamental dan daya saing dari pendidikan Islam, Kamaruddin mengaskan bahwa daya saing ditentukan dari kualitas SDM, sedangkan kualitas SDM tersebut memiliki korelasi yang kuat dengan kualitas dari pendidikan. Disinilah letak peran fundamental yang harus dijaga oleh lembaga penyelenggara pendidikan dalam ranah memberikan output yang baik untuk pembangunan bangsa sehingga dapat memiliki daya saing yang kuat dalam perkembangan dunia global.

Di akhir paparannya, Direktur Jendral Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) ini meminta kepada IAIN Surakarta dapat terus memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta memiliki strategi-strategi yang handal untuk mewujudkan visi dan misi lembaga.

Sementara itu, Rektor IAIN Surakarta, Dr. Mudofir, memberi apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kuliah umum ini, karena dengan adanya kuliah umum yang langsung dihadiri oleh Dirjen Pendis ini dapat memberikan wawasan pembanding dalam konteks menghadapi tantangan pendidikan Islam dalam dunia global. (Humas dan Publikasi)