Ilmu Hukum, Bekal Mahasiswa Yang Unggul

SINAR – Bertempat di Gedung DPRD Surakarta, Sharia Law Community (SLC) of Student Law di Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan Kegiatan Open Rekruitmen anggota baru SLC dan Pelatihan Hukum dengan tema “Membangun Karakter Mahasiswa yang Unggul dan Mampu Beracara di Bidang Hukum”, Minggu (17/4). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan pengurus SLC untuk mencari penerus perjuangan komunitas yang bergerak di bidang penegakan hukum. Selain itu, kegiatan ini  juga melatih softkill mahasiswa di bidang hukum, terutama hukum acara.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor IAIN Surakarta, Dr. Mudhofir, S.Ag, M.Pd,  dan Wakil Dekan III Fakultas Syariah, Sidik, M.Ag. Dalam sambutannya,  Mudhofir berpesan kepada para pengurus dan anggota SLC agar mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk membaca buku-buku yang berkaitan dengan hukum (Hukum Islam maupun Hukum Positif). Persiapkanlah diri mulai dari sekarang dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan ilmu-ilmu hukum, entah hukum Islam maupun hukum positif”, tuturnya. Setelah sambutan, beliau juga melantik pengurus Sharia Law Community SLC periode 2016/2017.  

Senada dengan Mudofir, Sidik menyatakan dukungannya terhadap kegiatan SLC. Beliau juga menghimbau untuk menguasai Hukum Islam dan Hukum Positif. “Bapak Dekan dan Fakultas Syariah secara umum sangat mengapresiasi gagasan untuk menghadirkan SLC, keberadaan SLC sangat strategis dalam dua hal : Pertama, dari sisi peningkatkan pengembangan kompetensi mahasiswa Fakultas Syariah khususnya di bidang praktek beracara dan pengalaman lapangan beracara di bidang hukum. Kedua, berdasarkan informasi dari Dekan Fakultas Syariah, insyaallah Peraturan Kementerian Agama (PKMA) sedang digodog bahwa gelar mahasiswa Fakultas Syariah akan menjadi Sarjana Hukum karena itu kita seharusnya mempersiapkan diri, meningkatkan kapasitas dan stabilitas kita menjadi mahasiswa bermental hukum, “ terang Sidik.

Pelatihan Hukum pada kegiatan ini diisi oleh Abdullah Tri Wahyudi, S.Ag, S.H (Dosen Fakultas Syari’ah  IAIN Surakarta dan Advokat) dan Drs. Sulthoni, M.H, (Hakim Pengadilan Agama Yogyakarta dan Dosen Fakultas Syariah  IAIN Surakarta). Dalam pemaparannya, Bapak Abdullah Tri Wahyudi menjelaskan tentang Hukum Acara Pidana dan Perdata. Disamping itu, beliau juga melakukan pelatihan pembuatan surat kuasa bagi para peserta. Sedangkan Bapak  Sulthoni memotivasi para peserta serta menjelaskan berbagai persiapan yang harus dikuasai oleh para calon hakim. (Yin/ Humas dan Publikasi)

Sumber: Nafiek/HK 6b