Wujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi serta Birokrasi Bersih dan Melayani, IAIN Surakarta Sosialisasikan Zona Integritas

zona integritasSINAR-Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menuju  WBK adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.Sedangkan Menuju WBBM adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Demikian kesimpulan materi yang disampaikan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenag RI, Dr. Hilmi Muhammadiyah,M.Si pada Sosialisasi Zona Integritas di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Kamis (9/6).

Lebih lanjut Hilmi mengatakan bahwa Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi dan diperkuat dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah, maka pelaksanaan Zona Integritas mutlak untuk dilaksanakan, pungkasnya.

Sementara itu Dr. Mudofir, M.Pd selaku Rektor berharap dengan ditegakkanya pembangunan Zona Integritas di IAIN Surakarta pelayanan terhadap masyarakat pendidikan dan kinerja dapat lebih transparan dan akuntabilitas. Dengan demikian tekad awal untuk menjadi Pilot Project dalam keberhasilan mewujudkan Zona Integritas dapat terwujud.(Gus-Mgtyes/Humas Publikasi)