Persiapkan Akreditasi Program Studi: LPM Gelar Workshop

anton bawono workshop persiapan akreditasi prodiSINAR–  Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta gelar workshop persiapan akreditasi program studi di ruang rapat senat, Rabu (22/06).

Workshop yang diikuti oleh para Dekan, Wakil Dekan 1, Direktur Pascasarjana, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Auditor Mutu Internal dan Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat menyelaraskan kebutuhan yang diperlukan program studi untuk memenuhi proses akreditasi. Selain itu, workshop ini juga dapat menambah wawasan dan kesiapan dari setiap program studi dalam mempersiapkan kelengkapan borang akreditasi serta hal teknis lainnya. Mengingat bahwa beberapa program studi baru belum melakukan akreditasi dan banyak program studi lama yang akan melakukan re-akreditasi dalam waktu dekat. “Akreditasi juga menjadi jati diri serta mahkota bagi para akademisi yang berkecimpung di IAIN Surakarta, jadi ini harus diusahakan dengan sungguh-sungguh,” ujar Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, M.Ag selaku Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga dalam sambutan pembukaan.

Sebagai narasumber workshop ini Dr. Anton Bawono, M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga dan juga seorang asesor sangat senang bisa berbagi dan sharing mengenai proses akreditasi dengan rekan dosen di IAIN Surakarta. Lanjutnya bahwa dalam mempersiapkan akreditasi harus ada sinergisitas dari semua pihak. Apalagi berdasarkan pengalamannya, dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan borang akreditasi agar mendapatkan nilai yang maksimal dan proses itulah yang akan dishare pada workshop ini.

Bersamaan dengan workshop ini juga akan dilaksanakan pengukuhan 32 Auditor Mutu Internal IAIN Surakarta. Pengukuhan ini dilakukan kepada para peserta yang telah mendapatkan sertifikat pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan oleh LPM IAIN Surakarta bekerjasama dengan Kantor Jaminan Mutu Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta beberapa waktu lalu jelas Dr. Muh. Nashirudin, M.A., M.Ag selaku Ketua LPM sekaligus penyelenggara workshop.(Mun/ Humas Publikasi)