MoU IAIN Surakarta-BRI Syariah, Kerjasama Layanan Perbankan Syariah dan Mini Banking Syariah

SINAR-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta bersama BRI Syariah menandatangani nota kesepahaman tentang layanan perbankan syariah dan perjanjian kerjasama (PKS) pelaksanaan mini banking syariah, pada Senin (25/7).

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara langsung oleh Rektor IAIN Surakarta Dr. Mudofir dan Direktur Utama BRI Syariah, Moch. Hadi Santoso serta disaksikan oleh jajaran pejabat Rektorat IAIN Surakarta bersama Direksi BRI Syariah.

Moch. Hadi Santoso memaparkan bahwa ruang lingkup kerjasama yang dijalin dengan IAIN Surakarta antara lain pemberian fasilitas dan pelaksanaan mini banking, yaitu sebuah perangkat lunak laboratorium perbankan syariah untuk dunia pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

Mini banking BRI Syariah ini hadirdi IAIN Surakarta untuk memberikan pengetahuan praktis tentang operasionalisasi dunia perbankan, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan dan memperluas pengetahuan dibidang perbankan terkhusus perbankan syariah, tegasnya.

Lebih lanjut dalam nota kesepahaman tersebut  pihak BRI Syariah juga memberikan fasilitas ATM co branding bagi mahasiswa dan akademisi IAIN Surakarta, pembayaran uang SPP yang dapat dilakukan dengan system point to host dan host to host yaitu sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung, payroll dosen dan karyawan IAIN Surakarta melalui cash management system yaitu pelayanan pengelolaan keuangan secara langsung via online, serta program magang mahasiswa di Bank Syariah dan layanan perbankan lainnya sesuai yang diatur dalam perjanjian kerjasama.

Rektor IAIN Surakarta, Dr. Mudofir berharap kerjasama ini semakin mempererat hubungan dengan BRI Syariah dan kerjasama ini tidak berhenti pada kertas saja, akan tetapi dapat dijabarkan di tingkat operasional meskipun melalui proses dan bertahap. (Gus/Humas Publikasi)