FUD Kenalkan Program Mendeley Untuk Kembangkan Soft Skill Mahasiswa di Bidang Penulisan Karya Ilmiah

SINAR-Sejumlah 50 Mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Surakarta, Kamis (18/8) mengikuti workshop pengembangan soft skill bertajuk “Penulisan Secara Cepat dan Mudah”. Hadir sebagai narasumber yaitu Muhammad Sholahudin, SE, M.Si., salah satu pemegang sertifikat mendeley di Indonesia.

Dr. Imam Mujahid selaku Dekan FUD memberi apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini, mengingat hal ini sesuai dengan program yang sedang dikembangkan baik di tingkat fakultas maupun institut.

Apa yang akan dilakukan dalam workshop ini hasilnya diharapkan mampu memberi sumbangsih yang terbaik untuk seluruh peserta maupun lembaga. Terlebih pada workshop yang mengambil tema “Penulisan Secara Cepat dan Mudah” ini sebagai wujud dukungan dari FUD terkait program Rektor IAIN Surakarta mengenai penulisan karya ilmiah.

Dalam paparannya Sholahudin menjelaskan pengertian tentang aplikasi Mendeley. Mendelay adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.

 “Citation” merupakan elemen penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Seringkali penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran. Oleh karenanya, keberadaan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” adalah sebuah kebutuhan. Dengan perangkat lunak dimaksud, setiap penulis dapat mengidentifikasi kualitas dan keaslian setiap referensi yang digunakan.

Di samping itu dengan “citation & reference manager”, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen, pungkasnya. (Gus/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta