Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Surakarta Diikuti 2921 Mahasiswa Baru

SINAR-Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) tahun 2016 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta diikuti sejumlah 2921 mahasiswa baru dengan mengangkat tema “Sadar Diri Pada Ruh Mahasiswa Untuk Membenahi Ketimpangan Moral dan Intdelektual Serta Berkontribusi Untuk Menegakkan Agama Islam yang Ramah Sosial dan Berbudaya”, dan dibuka secara langsung oleh Rektor serta dihadiri jajaran pimpinan di lingkungan IAIN Surakarta dan Bupati Sukoharjo yang diwakili oleh Asisten 3 , di Gedung Graha IAIN Surakarta pada Kamis (1/9).

Bupati Kabupaten Sukoharjo yang pada kesempatan ini diwakili oleh Asisten III dalam sambutannya mengatakan bahwa OPAK merupakan sebuah kegiatan pengenalan awal bagi seluruh mahasiswa baru utamanya terkait sejarah kampus, lembaga-lembaga kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum,  model pembelajaran, serta pimpinan IAIN Surakarta.

Kegiatan OPAK harus mampu menjadi wahana awal antar sesama mahasiswa baru untuk saling mengenal dan menjalin komunikasi dan mempererat silaturahmi disamping fungsi utamanya sebagai orientasi penyadaran mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki tanggungjawab sosial dan akademik sebagaimana tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi, demikian yang menjadi harapan Bupati Sukoharjo atas terselenggaranya kegiatan OPAK tersebut.

Sementara itu Rektor IAIN Surakarta, Dr. Mudofir, berharap melalui OPAK ini seluruh mahasiswa baru IAIN Surakarta dapat menjadi sebuah kelompok civil society yang mana kedepan akan menjadi agen perubahan sosial dan agen islamisasi yang rahmatan lil alamin dalam masyarakat.

Bulatkan dan tetapkanlah tujuan menjadi mahasiswa IAIN Surakarta, tingkatkan prestasi dan kerahkan sehabis-habisnya minat yang dimiliki maka IAIN Surakarta akan menghantarkan seluruh mahasiswa baru ini menjadi orang yang besar dan bermanfaat baik untuk agama, keluarga, bangsa, dan negara, tegasnya. (Gus/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta