IAIN Surakarta Songsong Internasionasilasi Bahasa Indonesia Melalui BIPA 

SINAR – Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta gelar workshop pengembangan prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBI) dengan tema “Internasionalisasi Bahasa Indonesia Melalui Pengajaran BIPA” di Aula Pascasarjana lantai 4, Senin (03/10).

Workshop yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 1 dan 3 prodi Tadris Bahasa Indonesia ini menghadirkan narasumber Dr. Lilianan Muliastuti ketua Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (APPBIPA) pusat.

Semakin intensnya Indonesia ikut berkecimpung dalam pembangunan bangsa-bangsa di dunia maka tidak bisa dielakkan lagi bahwa bahasa Indonesia menjadi semakin penting. Saat ini sudah banyak Negara-Negara yang mempelajari bahasa Indonesia. Sehingga sangat penting adanya workshop Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) sebagai salah satu arah pengembangan Prodi Tadris Bahasa Indonesia demikian sambutan Dr. H. Giyoto, M.Hum dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Sementara itu wakil rector bidang akademik dan pengembangan lembaga Dr. H. Abdul Matin bin Salman, Lc, M.Ag menyampaikan bahwa banyak pengajar Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah yang dibuka oleh kedutan besar Indonesia di luar negeri masih diajar oleh orang yang bukan jurusan pendidikan bahasa Indonesia. Sehingga peluang untuk menjadi pengajar BIPA ini masih sangat luas.

Sebagai narasumber Kepala APPBIPA Pusat Dr Liliana Maliastuti, mengatakan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah membuka ruang yang luas bagi tenaga kerja asing untuk bekerja di Indonesia. Jika Bahasa Indonesia ini tidak dijaga, akan berdampak pada berkurangnya penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Oleh karena itu, kami akan terus mengupayakan internasionalisasi Bahasa Indonesia ini dengan mendukung diterapkannya kembali peraturan Menteri Ketenagakerjaan tentang tenaga kerja asing harus bisa berbahasa Indonesia. Selain itu juga harus segera dibahas dan diwujudkan sertifikasi bagi pengajar BIPA. Dengan adanya sertifikasi tersebut, nantinya akan ada standarisasi bagi pengajar BIPA. (Mun/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta