Bg

WR III: Dosa Plagiasi Melebihi Dari Seorang Maling Sapi, Penelitian Harus Jujur

Diterbitkan tanggal 1 November 2016

SINAR– Mengingat pentingnya keberadaan ilmu pengetahuan bagi umat manusia untuk selalu mengembangkan peradabannya, maka penelitian akan ilmu pengetahuan harus selalu berjalan seiring dengan kebutuhan manusia. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penelitian Mahaisswa (LPM) DINAMIKA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta kali ini menggandeng mahasiswa se-solo raya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Festival Ilmiah Mahasiswa. Acara tersebut digelar hari ini, Selasa, (2/11) di Aula Pascasarjana IAIN Surakarta.

Pembukaan acara yang bertema sayembara penelitian mahasiswa “Peranan Mahasiswa Dalam Membangun Budaya Multikultural” tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Syamsul Bakri, M. Ag. Pesan yang sangat dalam diucapkan kepada seluruh peserta agar mengedepankan kejujuran dalam penelitian. Artinya, jangan plagiasi”, pesannya. Karena plagiasi dosanya melebihi maling sapi”, imbuhnya. Lanjut lagi, Dr. Syamsul juga berpesan dalam setiap penelitian harus memperbanyak referensi dan dalam mengambil referensi harus mempunya filter yang rapat dalam menyaring sumber-sumber dari internet. Tidak semua blog dan website itu jelas, banyak yang abal-abal”, katanya.

Di akhir sambutannya, Dr. Syamsul memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LPM DINAMIKA yang menjadi garda terdepan dalam penelitian mahasiswa. Kali ini mengumpulkan se-solo raya, semoga lain kali bisa membuat acara bertaraf nasional”, imbuhnya.

Melihat antusiasme peserta, Ketua LPM DINAMIKA, Imam Wahyudin berjanji akan menjadikan kegiatan seperti ini menjadi agenda tahunan dan akan menjadi kegiatan yang lebih besar. Imam berharap mahasiswa dapat tercerahkan dan lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan guna membangun bangsa dan negara. (Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

 

Komentar ditutup.