Penandatangan Naskah Kesepatakan Bersama Antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Dengan Institut Agama Islam Negeri  Surakarta

SINAR- Didampingi Erland Cahyo Saputro, M.Hum (Kepala Perpustakaan IAIN Surakarta), Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. selaku Rektor IAIN Surakarta dan Drs. Muh. Syarif Bando, MM. selaku Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, bertempat di Ballroom Hotel Singgasana Makasar, Sulawesi Selatan (8/11) telah melaksanakan Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Kerjasama ini dalam bidang perpustakaan dengan tujuan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam melakukan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Program kerjasama yang akan dilaksanakan antara lain dalam bentuk: Pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan dan kepustakawanan; Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, pelatihan dan magang; Pemanfaatan sumber daya informasi koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar; serta Pelestarian dan pendayagunaan karya cetak dan atau karya rekam dalam berbagai media yang diterbitkan ataupun tidak diterbitkan, baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri yang dimiliki oleh perpustakaan.

Acara penandatanganan MoU antara Perpustakaan Nasional RI dengan Lembaga Mitra selain dengan IAIN Surakarta juga bersama dengan perguruan tinggi lain seperti IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Salatiga, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Politeknik Manufaktur Bangka, STIA Bina Banua Banjarmasin, STIE AUB Surakarta, dan STIKES Santa Elisabeth Medan.

Acara penandatanganan MoU tersebut dibarengkan saat pembukaan events perhelatan nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI yaitu Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-9. Selama empat hari (8-11 November 2016) event nasional tersebut digelar dengan mengusung tema: “Transformasi Perpustakaan Digital di Era Digital Native”

Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-9 ini dihadiri oleh para Rektor, Pejabat Daerah Propinsi/Pemda, Kepala Kantor Arpusda, Kepala Perpustakaan dan Pustakawan berbagai jenis perpustakaan, dengan harapan melalui kegiatan konferensi ini dapat  dibangun sebuah kesepakatan antara pengelola perpustakaan mulai dari tingkat perguruan tinggi, kabupaten/kota hingga propinsi untuk berbagi referensi melalui sebuah program digitalisasi perpustakaan dan kesepahaman dalam meningkatkan layanan perpustakaan yang baik dan nyaman bagi pemustaka di seluruh Indonesia. (Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta