Rektor Tekankan Seluruh Pejabat Struktural Tingkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Teamwork

SINAR-Kemampuan berkomunikasi yang baik dan tidak terputus serta teamwork mutlak dimiliki oleh seseorang yang menduduki kursi jabatan terkhusus pejabat struktural dilingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, mengingat bahwa pejabat struktural adalah birokrasi yang menggerakkan birokrasi. Demikian disampaikan Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir dalam sambutan pembukaan kegiatan pembekalan pejabat struktural dengan mengangkat tema “Pengembangan Kemampuan Komunikasi Antar Individu dan Membangun Kerja Tim” di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat, Rabu (16/11).

Rektor memberi apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut, dimana dengan terlaksananya pembekalan tersebut diharapkan meningkatkan kemampuan dalam memobilisasi kekuatan-kekuatan dan aset yang dimiliki. Yang terbaik dalam kinerja adalah saling ketergantungan, dalam hal ini kerjasama yaitu antar individu saling bergantung memecahkan dan memenuhi tujuan-tujuan organisasi, bukan bekerja sendiri dan bergantung pada seseorang dalam pekerjaaan.

Sementara itu dalam pembekalan yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural di lingkungan IAIN Surakarta ini menghadirkan Kepala Seksi Bimbingan Teknis Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta , Kun Budi Wuryani, S. IP., MM sebagai narasumber.

Berbicara mengenai pentingnya kemampuan seorang pejabat, Kasi Bimtek ini berpendapat bahwa seiring perkembangan jaman, seorang pejabat harus dituntut profesional dalam bekerja dan memiliki kompetensi yang cakap di bidangnya. Hal tersebut juga telah diatur Undang-Undang yaitu UU Nomor 5 Tahun 2014, bahwa seseorang yang menduduki sebuah jabatan harus memenuhi standar kualifikasi, kompetensi, dan kinerjanya.

Dan yang paling penting, dapat mengendalikan bawahan dan mengkoordinir dengan baik merupakan syarat melekat yang harus dimiliki seorang pejabat, sehingga apa yang telah direncanakan dalam sasaran kinerja dapat tercapai, pungkasnya. (Gus/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta