Belajar, Mahasiswa KPI IAIN Surakarta Sambangi Pemprov Jateng dan Harian Suara Merdeka

pr-release2SINAR- 41 mahasiswa konsentrasi Public Relations, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Surakarta didampingi dosen pengampu mata kuliah MC dan Protokoler, Muh. Qoyim, S.Sos, M.Si., sambangi Pemprov Jawa Tengah dan Media Suara Merdeka pada Rabu (23/11). Acara studi banding tersebut dimaksudkan untuk berdiskusi secara langsung terkait MC dan Protokoler serta kehumasan yang ada di dua institusi itu.

Muh. Qoyim, saat prosesi pemberangkatan dari IAIN Surakarta mengatakan bahwa seorang praktisi humas harus paham bagaimana menjadi mc dan protokoler yang baik. Untuk itu sebelum para mahasiswa PR nanti terjun ke dunia kehumasan perlu paham bagaimana praktik yang dilakukan baik di lembaga provit maupun nonprovit untuk mewujudkan mahasiswa yang berkualitas”, katanya.

Rombongan dari IAIN Surakarta diterima baik oleh Bapak Hatta, salah seorang PLH bidang Umuum bagian kehumasan, dilanjutkan pemberian materi dan sharing tentang MC dan Keprotokolan oleh PLT Bidang Keprotokoleran oleh Bapak Abimanyu.

Pihak Pemprov Jawa Tengah mengaku senang atas kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa KPI IAIN Surakarta ini. Pihak Pemprov juga berharap mahasiswa yang melakukan kunjungan ini bisa mengambil ilmu yang sudah disampaikan oleh Bapak Abimanyu. Semoga suatu saat nanti ketika menjadi praktisi humas bidang MC dan Protokoler paham akan praktiknya dalam kepemerintahan”, ujarnya.

Selesai dari kantor Pemprov Jateng, rombongan langsung bertandang menuju kantor Suara Merdeka Semarang yang terletak tak jauh dari Pemprov Jawa Tengah.

Kegiatan diawali dengan berdiskusi singkat terkait praktik kehumasan di Koran Suara Merdeka. Para mahasiswa sangat berantusias untuk berdiskusi, hal itu terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan saat diskusi berlangsung.

Setelah diskusi selesai kemudian mahasiswa diajak untuk mengunjungi ruang produksi dari Koran Suara Merdeka, meninjau mesin pencetakan, kertas, bahan dasar untuk koran dan beberapa contoh koran yang sudah pernah diproduksi. Selain melihat cara membuat koran juga dijelakan proses pembuatan koran, fungsi dari setiap mesin dan pemasaran Koran Suara Merdeka.

“Alhamdulillah kunjungan berlangsung dengan sukses dan hikmat. Teman-teman mahasiswa mampu menikmati kunjungan dengan baik. Semoga kedepan, acara kunjungan ini menjadi agenda wajib bagi mahasiswa agar para mahasiswa paham praktik dari teori yang sudah disampaikan didalam kelas”, ungkap Ruly Febri Nur Ismail sebagai ketua panitia dalam kegiatan ini. (Gie/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Deratna