Pelantikan Komandan Menwa Yon-957 Mahadipa IAIN Surakarta, Rektor Tekankan Rasa Nasionalisme Dalam Harmoni Bangsa

SINAR- Rotasi pengurus Resimen Mahasiswa (Menwa) Yon-957 Mahadipa Putra Menjangan IAIN Surakarta  merupakan bagian keniscayaan yang harus dilakukan. Serah terima jabatan komandan dan pembentukan pengurus baru 2017 terlaksana di Aula gedung Pascsarjana Lt.4 IAIN Surakarta. Jum’at, (13/1), Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Mudofir, M.Pd., melantik Revicha Viamitakami menggantikan komandan sebelumnya yang telah purna tugas.

Dihadiri oleh perwakilan Komandan Group 2 Kopassus, Korem 074 Warastratama Surakarta, Kodim 0726 Sukoharjo, Kodim 0735 Surakarta, Koramil Kartasura, Polsek Kartasura, dan Komandan Menwa Mahadipa Jawa Tengah. Hadir pula perwakilan Menwa Mahadipa se-Surakarta serta delegasi Unit Kegiatan Khusus (UKK), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dewan Mahasiswa (Dema0, Senat Mahasiswa (Sema) IAIN Surakarta.

Dalam kesempatan itu Dr. Mudofir menyampaikan bahwa Menwa merupakan garda terdepan untuk penanggulangan radikalisme di dalam kampus. Dengan adanya Menwa yang memberi wawasan nasionalisme, maka Menwa merupakan elit organisasi yang menjaga harmoni bangsa ini di area kampus IAIN Surakarta. Diharapkan dengan adanya rotasi menjadikan Menwa Yon-957 berevolusi menjadi lebih bermartabat dan menuju organisasi yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut Dr. Syamsul Bakri, M,Ag selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan bahwa dengan kekhususan yang dimiliki maka Menwa Yon-957 resmi diangkat menjadi Unit Kegiatan Khusus (UKK) di bawah Rektor IAIN Surakarta. Dengan naiknya status Menwa Yon-957 Dr. Syamsul berharap adanya peningkatan kualitas kegiatan. “Lebih meningkat lagi kualitas kegiatannya, kedisiplinannya dan mampu menebarkan aura nasionalisme kepada mahasiswa seluruhnya. Saat ini kita tahu bahwa Negara ini telah dilanda krisis nasionalisme”, tuturnya.

Hadir pula Komandan Menwa Mahadipa Jawa Tengah, Dr. Indriyanto, S.S., S,H, M.Hum turut menyulut semangat para peserta yang hadir dalam serah terima jabatan (sertijab ) tersebut. Bukan hanya memberi arahan kepada para anggota Menwa Mahadipa se-Surakarta, namun pula meminta masukan kepada perwakilan Komandan Group 2 Kopassus, Korem 074 Warastratama Surakarta, Kodim 0726 Sukoharjo, Kodim 0735 Surakarta, Koramil Kartasura, Polsek Kartasura serta kepada Rektor IAIN Surakarta tentang keberadaan Menwa di tengah-tengah kampus. Di akhir acara dipertunjukkan sajian beladiri dengan tema nasionalisme dan bela negara untuk memupuk jiwa nasinalisme dan cinta tanah air dari para peserta yang hadir. (Gie/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta